Theresa May Mundur Dalam Kebuntuan Brexit

Mari berbagi

JoSS, LONDON – Perdana Menteri Inggris Theresa May akhirnya mengundurkan diri setelah perjuangan panjang Brexit-nya berakhir buntu. Hal itu dilakukannya setelah tiga kali perundingan dan pemungutan suara di parlemen menemui kegagalan.

Kepergian May akan memperdalam krisis Brexit karena pemimpin baru kemungkinan menginginkan perpecahan yang lebih tegas, meningkatkan kemungkinan konfrontasi dengan Uni Eropa dan kemungkinan pemilihan cepat parlemen yang tidak dapat diprediksi.

Sambil terisak, Theresa May, yang mengalami krisis dan penghinaan dalam usahanya yang gagal untuk menemukan konsensus Brexit di parlemen, mengatakan dia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif pada 7 Juni dan pemilihan kepemimpinan dimulai minggu berikutnya.

“Saya akan segera meninggalkan pekerjaan yang telah menjadi kehormatan hidup saya. Sebagai perdana menteri perempuan kedua, tapi tentu saja bukan yang terakhir,” kata May di luar kediaman resminya di Downing Street, dikutip dari Reuters, 24 Mei 2019

Baca juga: Theresa May Dianggap Gagal, Parlemen Ambil Alih Kontrol Brexit

“Saya melakukannya tanpa niat buruk tetapi dengan rasa terima kasih yang luar biasa dan abadi untuk memiliki kesempatan untuk melayani negara yang saya cintai,” kata May, didampingi suaminya, Philip.

“Saya merundingkan persyaratan keluar kami dan hubungan baru dengan tetangga terdekat kami yang melindungi pekerjaan, keamanan kami dan Serikat kami. Saya telah melakukan semua yang saya bisa untuk meyakinkan anggota parlemen untuk mendukung kesepakatan itu. Sedihnya, saya belum bisa melakukannya,” katanya terisak.

“Saya mencoba tiga kali…Tetapi sekarang jelas bagi saya bahwa adalah kepentingan utama negara bagi Perdana Menteri baru untuk memimpin upaya itu,” tegas May dalam pidatonya, dikutip dari CNN.

“Jadi saya hari ini mengumumkan bahwa saya akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif dan Unionis pada hari Jumat 7 Juni sehingga seorang pengganti dapat dipilih,” tambah May.

May, yang pernah menjadi pendukung setengah hati keanggotaan Uni Eropa dan memenangkan kursi perdana menteri dalam kekacauan referendum Brexit 2016, akhirnya mundur bersama janjinya untuk memimpin Inggris keluar dari blok.

“Ini, dan akan selalu tetap, akan menjadi penyesalan yang mendalam bagi saya bahwa saya belum dapat memberikan Brexit,” kata Theresa May, menambahkan bahwa penggantinya harus menemukan konsensus untuk menghormati hasil referendum Brexit 2016. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*