Edukasi Pengelolaan Sampah Ala Bus Wisata Sakoci

Mari berbagi

JoSS, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi memiliki armada bus wisata Sakoci (Saba Kota Cimahi) yang sistem pembayarannya menggunakan sampah. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, M Ronny menjelaskan, nantinya warga bisa membayar dengan menggunakan kardus, botol plastik, duplex, logam, hingga kaca.

“Nantinya jumlahnya disesuaikan dengan tarif, misal harga tiket Rp 15 ribu, terus harga dus sekilo Rp 3.000, pengunjung nanti tinggal membawa lima kilogram,” kata Ronny, seperti yang dilansir dari detiknews.com, Minggu (12/5).

Ronny menambahkan, warga atau anak-anak bisa menukarkan sampah di sekolah-sekolah atau fasilitas umum yang telah terintegrasi dengan bank Sampah Induk Cimahi (Samici) dengan kupon atau voucher perjalanan.

“Nanti kupon tersebut ditukarkan dengan tiket perjalanan di Alun-alun Cimahi,” ujarnya.

Baca jugaJadi Sister City Pemkot Toyama Jepang Bantu Atasi Sampah di Tabanan Bali

Sementara Wakil Ketua Organda Olan Siswanto mendukung wacana tersebut.

“Kami selaku penanggung jawab siap saja melaksanakan program tersebut, tinggal menunggu ketok palunya dari pemerintah kota,” ucap Olan.

Olan menampik program perjalanan bus dengan sampah ini lantaran harga tiket Sakoci yang mahal.

“Kalau mahal relatif ya, karena harga itu sudah dikaji sebelumnya dan itu masih bisa dijangkau oleh masyarakat,” kata Olan.

Perlu diketahui, Sakoci merupakan bus wisata yang rutenya menjelajahi tempat-tempat bersejarah di kota militer tersebut. Mulai dari bioskop bersejarah “Rio” hingga Kampung Adat di Cireundeu Jawa Barat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Cimahi meluncurkan bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) di sela kegiatan car free day (CFD) di Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Minggu (3/3) setelah tiga kali sempat tertunda.

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna berharap, dengan adanya peluncuran bus Sakoci ini, Ajay berharap tempat-tempat wisata yang ada di Kota Cimahi bisa semakin dikenal masyarakat luas. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*