fbpx Press "Enter" to skip to content

BIY Kebut Penyelesaian Flyover dan Jalur Kereta

Senin, 20 Mei 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA  – Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) terus kebut pembangunan infrastruktur seperti jembatan layang hingga jalur kereta api bandara. Pembangunan infrastruktur penunjang ini untuk melengkapi akses transportasi penumpang menujuu ke bandara BIY Kulonprogo.

Manajer Proyek BIY dari PT Angkasa Pura I (Persero), Taochid Hadi Purnomo, mengatakan, jalan layang itu akan sampai ke pintu masuk kedatangan di Lantai 3 Gedung Terminal.

“Pengerjaan flyover sudah 50 persen, dari keberangkatan naik ke drop off,” kata Taochid di YIA, Sabtu (18/5) seperti dikutip Tribunjogja.com.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini, proses pembangunan jalan layang di BIY Kulonprogo sudah masuk pada tahap pilar-pilar penyangga jalan layang.

Taochid menjelaskan grider atau balok baja di antara dua penyangga jembatan atau flyover juga sudah mulai terpasang. Taochid mengatakan, setidaknya 2-3 bulan ke depan, flyover sudah jadi dan bisa diuji coba. Pembangunan kawasan BIY telah mencapai 53 persen dari keseluruhan pembangunan fisik.

Baca juga: KAI Daop 6 Bangun Jalur Kereta ke Bandara Tahun Ini

Sementara itu, Bandara Internasional Yogyakarta saat ini sudah mampu melayani penerbangan sejak 6 Mei 2019. Maskapai penerbangan Citilink menjadi pionir pada awal YIA beroperasi. Taochid mengatakan, pembangunan terminal terus berlanjut dan kini hampir seluruh rangka baja di terminal sudah terpasang.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta memastikan bahwa jalur kereta api khusus menuju BIY di Temon, Kabupaten Kulon Progo akan segera dibangun. Konstruksi fisiknya dimungkinkan berjalan mulai tahun ini.

Kepala PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan informasi terakhir yang didapatkannya dari manajemen pusat, jalur kereta khusus bandara itu akan segera berjalan konstruksinya.

Yakni, pembangunan trase jalur dari Stasiun Kedundang menuju gedung terminal penumpang di BIY. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id