Bertahan di Tengah Puing, Warga Tambakrejo Mulai Terserang Penyakit

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Beberapa anak-anak dan orang dewasa di Tambakrejo Kota Semarang mulai terkena penyakit akibat angin malam dan hujan yang mengguyur wilayah Kota Semarang bebebrapa hari lalu.

Seperti diketahui sebagian besar korban penertiban hunian liar di Tambakrejo, Tanjung Emas masih bertahan di tengah puing-puing bangunan bekas tempat tinggal mereka. Beberapa tenda pun mulai didirikan oleh sejumlah relawan yang perduli terhadap nasib korban penertiban hunian liar itu.

Ketua RT 5 RW 16, Tanjung Emas Rochmadi mengatakan hingga saat ini di area tersebut masih minim pelayanan.

Baca juga: Dekat Pantai, Tambakrejo Kembangkan Wisata Perahu

“Anak-anak terkena demam, batuk dan pilek. Satu-satunya bangunan yang diharapkan tidak dirobohkan seperti TPQ Al Firdaus dan mushala yang ada juga ikut diratakan menggunakan alat berat. Harusnya bangunan ibadah itu jadi pertimbangan agar tidak dirobohkan juga,” katanya, Sabtu (11/5) seperti dikutip Asatu.id.

Terkait hal itu, Ketua KBH Petir, Zaenal Petir saat meninjau lokasi tersebut mendampingi Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Joko Santoso Sabtu (11/5) mengaku prihatin dengan kondisi warga yang terdampak penggusuran. Apalagi fasilitas yang ada di lokasi tergolong minim, dan bantuan juga masih kurang meski sudah ada dari beberapa swasta dan relawan.

Dia menegaskan, penggusuran warga Tambakrejo itu merupakan pelanggaran. Apalagi sebelumnya telah dilakukan perjanjian antara warga, Komnas HAM dan pemerintah. Intinya isinya warga akan direlokasi ke lahan disposal yang saat ini diurug dan pindah secara swadaya.

“Dalam perjanjiannya mereka baru akan pindah ke lahan yang saat ini sedang diurug letaknya di depan rumah yang dirobohkan. Tapi sebelum lahan tersebut selesai, malah dirobohkan rumah para warga. Saya rasa ini yang jadi permasalahannya sehingga bisa dikatakan melanggar HAM,” katanya.

Petir menegaskan, korban mayoritas merupakan warga yang sudah beridentitas Kota Semarang. Mayoritas mata pencaharian mereka adalah nelayan. Sehingga tidak logis jika mereka direlokasi ke Rusunawa Kudu yang jaraknya jauh dari laut biasa mereka mencari ikan. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*