Antisipasi Kekurangan Stok Darah, PMI Kota Bandung Buka Layanan Donor 24 Jam

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, BANDUNG – Guna mengantisipasi kekurangan stok darah selama bulan suci Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung membuka layanan donor darah selama 24 jam. Selain itu juga menggandeng rumah ibadah sebagai tempat untuk donor darah.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandung, Uke Muktimanah mengatakan, selama Ramadhan biasanya stok darah akan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan jumlah pendonor yang turun lantaran menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Setiap Ramadhan (stok darah) selalu turun, karena turunnya jumlah pendonor,” kata Uke Muktimanah di balai kota Bandung, seperti yang dilansir dari detiknews.com, Kamis (9/5).

Menurut Uke, dalam sehari biasanya bisa meraih 500 kantung darah. Namun memasuki Ramadhan jumlah itu berkurang mencapai 60 persen. “Per hari dalam kondisi normal biasanya ada 500 pendonor. Sehingga kebutuhan per hari 500 labu bisa terpenuhi. Ramadhan ini jumlahnya turun,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah agar stok darah di Kota Bandung tetap aman. Pertama, membuka layanan donor darah selama 24 jam.

Baca juga: Pembebasan Lahan Proyek Kereta Cepat Jakarta –Bandung Capai 85%

Kedua, mengumpulkan stok lebih banyak sebelum dimulainya puasa. Persediaan yang banyak ini untuk memgantisipasi penurunan pendonor darah

“Kita siasati karena pengalaman seperti setiap tahunnya maka dua minggu sebelum ramadhan kami menyediakan stok. Minimal sampai 4.000 labu karena perkiraan untuk delapan  hari pertama Ramadhan,” sahut Uke, seperti yang dilansir dari republika.co.id, Kamis (9/5).

Kemudian, pihaknya juga melakukan kerja sama untuk membuka layanan donor darah di masjid-masjid dan tempat ibadah lainnya. Sehingga masyarakat yang mau mendonorkan darahnya masih bisa terlayani dengan baik.

“Kita lakukan layanan 24 jam. Kita kerja sama dengan masjid-masjid. Biasanya ada jadwal untuk melakukan donor darah setelah tarawih,” ucapnya.

Selain itu juga bekerja sama dengan komunitas Non Muslim yang tidak sedang berpuasa. Seperti, mengirimkan mobil unit donor darah ke gereja-gereja setiap akhir pekan. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*