4 Rangkaian KA Tambahan dan 615 Personel Disiapkan Untuk Arus Mudik

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang menyiapkan empat rangkaian kereta api tambahan dan menyiagakan 615 personel penjagaan untuk mengamankan lintasan kereta api saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan keempat rangkaian kereta tambahan itu mampu mengangkut total 4.698 penumpang per hari. Saat ini, lanjut dia, sudah ada tujuh kereta api reguler yang dioperasikan dari wilayah di Daop 4 ke berbagai daerah tujuan.

Selain empat KA tambahan, lanjut dia, ada pula 10 kereta tambahan yang operasionalnya melintasi di wilayah Daop 4. Krisbiyantoro menyebut total ada 85 perjalanan KA per hari yang akan melayani pemudik pada tahun ini.

Pada Lebaran 2019, Daop 4 memperkirakan kenaikan jumlah penumpang saat arus mudik dan balik mencapai 3,8 persen. “Volume penumpang selama arus mudik hingga balik diperkirakan mencapai 505.000 orang,” kata Krisbiyantoro.

Puncak arus mudik sendiri, lanjut dia, diperkirakan terjadi pada H-6 Lebaran. Adapun arus balik diperkirakan mencapai puncak pada H+4 lebaran.

Baca juga: Tiga Exit Tol di Semarang Ini Rawan Macet

Ia menegaskan KAI Daop 4 sudah menyiapkan diri menghadapi angkutan Lebaran 2019 yang dimulai sejak 26 Mei hingga 16 Juni 2019.

Sementara itu, sekitar 615 lebih personel gabungan untuk pengamanan perjalanan kereta api dan di stasiun saat arus mudik maupun balik Lebaran 2019. Jumlah tersebut dari tenaga keamanan pegawai KAI (Polsuska) sebanyak 119 personil dan tenaga keamanan non pegawai KAI sebanyak 496 personil.

Selain itu, Daop 4 Semarang juga mendapatkan bantuan 6 unit Anjing pelancak (K9) yang ditempatkan di Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol.

Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso mengatakan, PT KAI mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki, mulai dari sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019 ini.

“Faktor keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan KA menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2019,” ujarnya, belum lama ini, seperti dikutip dari Antara. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*