Tol Solo-Yogya Siap Lelang

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Desain tol Solo-Yogyakarta sudah selesai berikut kajiannya sudah dilakukan. PT Adhi Karya menyatakan telah menyelesaikan kajian dan rancangan desain tol Solo-Yogyakarta yang panjangnya mencapai 160 kilometer tersebut.

Meski demikian, lelang proyek tol Solo-Yogyakarta ini masih harus menunggu finalisasi trase jalan dan juga persetujuan gubernur.

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto mendesak, lelang pengadaan proyek Tolo Solo-Yogyakarta segera dilaksanakan.

Sebagai pemrakarsa, emiten konstruksi berkode ADHI ini, telah melakukan kajian dan merancang desain jalan berbayar sepanjang 160 kilometer ini.

“Kami sudah siap menyerahkan desainnya, tunggu dari pemerintah untuk ditenderkan,” kata Budi di Jakarta, Selasa (15/4) lalu. Sebagai pemrakarsa, imbuh dia, Adhi Karya mendapatkan right to match atau keistimewaan dalam tender.

Baca jugaJalan Tol Pandaan – Malang Siap Diresmikan

Nantinya, Adhi Karya akan berkongsi dengan Gama Group untuk membangun proyek yang ditaksir menelan investasi Rp 21 triliun ini.

“Pemerintah akan mengundang pihak yang ingin ikut tender, termasuk Adhi Karya,” sebut Budi.

Untuk diketahui, pemerintah masih mematangkan trase proyek Tol Solo-Yogyakarta. Saat ini, persoalan trase masih menunggu persetujuan dari Gubernur Yogyakarta Sri Sultan HB X.

“Ini perlu approval. Kalau (Gubernur) Jawa Tengah ini sudah final, Yogyakarta yang masih perlu dibahas,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Direktorat Jenderal Bina Marga masih melakukan pembahasan final untuk trase jalan tol yang akan melintasi wilayah Yogyakarta.

Bila pembahasan telah rampung, Kementerian PUPR akan menyampaikan hal tersebut kepada Gubernur Yogyakarta.

“Setelah itu baru izin penlok (penetapan lokasi), DPPT (Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah),” ujarnya.

Pemda DI Yogyakarta sebelumnya masih membahas seputar pembangunan tol Yogya-Solo tersebut. Pemda DIY memiliki beberapa opsi terkait pembangunan tol itu. Hal itu terutama berkaitan dengan persoalan situs yang ada di kawasan Prambanan. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*