Petani Desa Kalinusu Berharap Perbaikkan Bendung Notog

Mari berbagi

JoSS, BREBES – Petani di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, berharap kerusakan Bendung Notog segera diperbaiki untuk menjaga kelangsungan pertanian padi.

“Bendung Notog sudah lama rusak. Kami minta agar bisa diperbaiki,” kata Wito, warga Kalinusu, seperti yang dilansir dari suaramerdeka.com, Sabtu (20/4).

Dia menjelaskan, Bendung Notog selama ini diandalkan untuk memasok air bagi lahan pertanian padi seluas lebih kurang 243 hektare. Saat ini, hampir seluruh badan bendung jebol sehingga air sungai tidak bisa ditampung dan dialirkan ke sawah-sawah warga.

Berulangkali warga membuat bendung darurat, tetapi berulang kali pula jebol dihantam banjir. Menurutnya, usulan perbaikan bendung sudah diajukan oleh pemerintah. Namun hingga sekarang belum ada tanda-tanda perbaikan bendung.

“Kalau sekarang masih bisa andalkan air hujan. Tapi bagaimana kalau kemarau tiba,” kata dia.

Staf Pemdes Kalinusu, Sugiarto mengatakan, perbaikan Bendung Notog telah lama diusulkan.

“Ke Pemprov Jateng kami juga mengusulkan pembangunan groundsil sebagai pengganti bendung. Mudah mudahan bisa diwujudkan,” katanya.

Sementara LSM Penyelamat Air Tanah dan Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Brebes, M Jamil mengatakan, hampir seluruh bangunan bendu pertanian di DAS Keruh saat ini dalam kondisi rusak.

Baca jugaBBWS Bengawan Solo Selesaikan Pembangunan Bendungan Gondang

“Bendung Kembang di Sirampog dan Bendung Bulakan di Penggarutan Bumiayu juga rusak,” kata dia.

Jamil berharap kerusakan infrastruktur itu dapat segera ditangani karena menyangkut kelangsungan sektor pertanian.

“Maju tidaknya pertanian itu tergantung bagaimana dukungan infrastruktur seperti bendung dan irigasi,” kata dia.

Sebelumnya, kerusakan Bendug Notog telah lama jadi pembahasan pemerintah desa Kalinusu. Bendung Notog yang mengairi 450 hektare sawah di wilayah Sungai Keruh di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, setelah rusak menjadi tidak maksimal.

“Kerusakan bendung menyebabkan suplai air irigasi tidak maksimal. Kami berharap ada penanganan,” ucap Kades Kalinusu, Khaeroni.

Hingga kini, lanjutnya, belum ada perbaikan dari pihak pemerintah.

“Akibatnya sebagian besar petani di sini nggak berani tanam padi karena takut gagal panen,” imbuhnya.

Bahkan, kata dia, pihak desa juga telah melayangkan surat ke Gubernur Jawa Tengah agar bendung irigasi yang rusak ini segera diperbaiki.

“Karena air sebagai sumber utama irigasi pertanian, makanya perbaikan bendung bisa segera diperbaiki. Karena kalau dibiarkan terus lahan pertanian petani milik masyarakat di sini terganggu,” ungkapnya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*