PDIP Unggul dalam Situng Real Count Pileg Jatim

PDIP | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul untuk suara pemilihan legislatif (pileg) di Jawa Timur. Perhitungan ini berdasarkan hasil sistem informasi perhitungan suara (situng) real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim untuk pemilu 2019.

Pihak KPU Jatim saat ini terus melakukan evaluasi dan pemantauan terkait proses entry situng suara KPU. Tujuannya agar KPU Jatim bisa menyajikan data yang akurat bagi masyarakat.

Dari data di website KPU Jatim pada pukul 14.00 WIB, untuk sementara ada lima partai yang masuk dalam lima besar yakni PDIP, PKB, Gerindra, NasDem, Demokrat. Kemudian diikuti oleh PKS dan PAN.

“Kami ingin hasil pemilu ini bisa sampai ke masyarakat dengan cepat tanpa menunggu proses manual. Dengan situng ini kami berharap hasil pemungutan suara pemilu ini akurat. Karena kita menggunakan real count bukan quick count atau exit poll,” kata Ketua KPU Jatim, Chairul Anam, kepada detik.com, Kamis (18/4).

Anam mengatakan, untuk memperkuat data yang dimasukkan petugas KPU di daerah otentik, pihaknya mengunakan scan data formulir C1 pleno.

Baca jugaJagoannya Menang Telak, Kader dan Relawan PDIP Cukur Gundul

“Sajian data ini nanti tidak terbantahkan. Kami berharap bisa dilaksakan secepat mungkin dan juga menghilangkan polemik masyarakat dan sebagainya. Insyaallah yang kami sajikan bisa dipertanggung jawabkan,” jelas Chairul.

Dari data Situng KPU Jatim pada pukul 14.00 WIB, parpol yang unggul di Jawa Timur :

1. PDIP (25,26 persen)

2. PKB (12,14 persen),

3. Gerindra (7,78 persen),

4. Golkar (10,55 persen),

5. Nasdem (14,15 persen)

6. Demokrat (6,75 persen),

7. PKS (4,85 persen),

8. PAN (4,75 persen)

Progres hasil hitung suara legislatif DPR RI di Jatim yang masuk baru 230 TPS dari 130.179 TPS (0,176668 persen).

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan ( PDI-P) Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno berharap perolehan suara PDIP di Pemilihan Legislatif bisa mengikuti suara Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Dia optimistis PDIP di Jawa Timur menang dalam Pileg 2019 dan melampaui target suara yang telah ditetapkan.

“Saya optimistis PDIP meraih suara lebih dari 26 persen karena ada effect Pak Jokowi. Kami memperjuangkan Pak Jokowi, dan kemudian PDI-P juga mendapatkan hasil dari perjuangan Pak Jokowi itu,” kata Sri Untari.

Bila melihat hasil hitung cepat beberapa lembaga survei secara nasional, PDIP mendapatkan sekitar 20 persen suara atau tertinggi dari partai pollitik lainnya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*