PBNU Nilai Tragedi Bom di Sri Lanka sebagai Kejahatan Kemanusiaan yang Keji

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai tragedi bom di Sri Lanka adalah kejahatan kemanusiaan yang sangat keji. Sebab telah menelan korban lebih dari 130 jiwa, termasuk anak-anak dan perempuan. Apalagi perilaku keji atau kekerasan, bukan merupakan ciri Islam yang ‘rahmatan lil ‘alamin.

Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini dalam keterangannya, Senin (22/4), mengecam segala bentuk dan tindak kekerasan. Termasuk di dalamnya perilaku menyerang pihak-pihak yang dianggap berbeda.

Dia mengatakan, prinsip kemaslahatan umat manusia seharusnya berupa menjaga agama, jiwa, keluarga, harta dan martabat. Kelima prinsip tersebut merupakan prinsip utama yang harus ditegakkan dimana pun bumi dipijak. Tragedi bom itu sendiri bertentangan dengan prinsip Maqaasid Syariah itu.

“Perilaku kekerasan bukan merupakan ciri Islam yang ‘rahmatan lil ‘alamin,” tegas dia.

Islam, tambahnya, sangat menghargai perdamaian, kebebasan dan toleransi. Maka, tindakan pengeboman itu sangat bertolak belakang dengan Islam.

Dalam kesempatan tersebut, Helmy mendorong pemerintah Indonesia untuk segera mengambil langkah diplomatis dan ikut andil dalam upaya menciptakan perdamaian di Sri Lanka.

Baca juga: RS PKU Muhammadiyah Kini Dapat Menerbitkan Sertifikat Vaksin Internasional

Upaya itu, kata dia penting dilakukan sebagai bagian dari tanggung jawab internasional. Yaitu turut berperan dalam usaha menciptakan perdamaian dan keamanan dunia.

Sekjen PBNU juga mendesak PBB untuk berinisiatif melakukan investigasi pelaku agar tercipta suatu keadaan yang kondusif di Sri Lanka serta agar tumbuh kembali sebagai negara yang berdaulat yang mensejehterahkan rakyat.

Dia juga mengajak masyarakat Internasional untuk bersama-sama menggalang bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Sri Lanka.

Perlu diketahui, ledakan  bom terjadi di dua gereja di Sri Lanka, Minggu (21/4), termasuk di ibu kota Kolombo, di saat umat Kristen sedang merayakan Paskah.  Kedua gereja yang menjadi korban ledakan bom berada di sisi utara ibu kota Kolombo dan kota Negombo tak jauh dari Kolombo. Salah satu ledakan bom terjadi di gereja St Anthony di Kochchikade, Kolombo. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*