Hubungan Arus Pendek Listrik Pemicu Kebakaran bandara Nabire

Mari berbagi

JoSS, JAYAPURA – Hubungan arus pendek listrik pendingin ruangan ditengarai menjadi penyebab kebakaran pada bangunan kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas II Douw Aturure, Selasa (23/4) pukul 10.30 WIT.

Kapolres Nabire, AKBP Sonny Nugroho Tampubolon mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, sementara kerugian material akibat kebakaran ini ditaksir hingga Rp3 miliar.

Dia menambahkan, ketika pihaknya tiba di lokasi kebakaran, sudah banyak titik-titik penyebaran api, di mana pemadaman terus diupayakan oleh masyarakat, TNI-Polri, petugas pemadam kebakaran hingga pegawai Kementerian Perhubungan.

“Jadi dari arus pendek tersebut menyebabkan pendingin ruangan di salah satu bangunan meledak dan akhirnya api meluas,” ujarnya, seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (23/4).

Dia menjelaskan, meski pun terjadi kebakaran, sama sekali tidak mengganggu operasional Bandara Douw Aturure Nabire.

Baca jugaTerminal Domestik Bandara Ngurah Rai Terbakar

Manajer Operasional Lion Air Jayapura, Suprihatin mengatakan, penerbangan Lion Air dari Jayapura menuju Nabire sempat ditahan.

“Tadi sempat ditahan untuk flight-nya, tapi sudah ada info untuk bisa boarding berarti dari bandaranya release,” katanya.

Sementara manajemen Garuda Indonesia Cabang Jayapura mengklaim kebakaran di Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas II Douw Aturure, Kabupaten Nabire, Papua, sekitar pukul 10.30 WIT Selasa siang (23/4), tidak mengganggu penerbangan maskapai berlogo burung garuda ini.

General Manajer Garuda Indonesia Cabang Jayapura, Donald Rieuwpassa mengatakan, maskapainya tertahan di Timika sekitar 1,5 jam. Namun sekarang sudah berjalan normal.

“Pada pagi hari pesawat Garuda sudah sempat melakukan penerbangan untuk rute Nabire-Mimika,” katanya.

Menurut dia, hanya ketika hendak melakukan penerbangan Mimika-Nabire, pesawat harus menunggu sekitar dua jam karena ada fasilitas kantor di kawasan Bandara Douw Aturure terbakar. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*