fbpx

Dishub Solo Pasang Lagi Barikade di Jalan Adisucipto

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Dinas Perhubungan (Dishub) kota Solo kembali memasang 115 unit barikade di Jalan Adisucipto, Banjarsari, Solo untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalur tersebut.

Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta, Ari Wibowo mengatakan kebijakan itu dilakukan menyusul terjadinya kecelakaan beberapa waktu lalu dan banyaknya laporan warga yang khawatir kejadian serupa terulang kembali.

Pemasangan barikade itu, lanjutnya agar pengendara tak memotong jalur dari sisi utara jalan ke timur Jalan Adi Sucipto atau sebaliknya. Pengendara dinilai lebih aman saat memutar di bundaran Tugu Wisnu, kendati memakan waktu lebih lama,namun kesalamatan harus diutamakan.

“Setelah dilakukan evaluasi dan laporan warga, kami berupaya mengatur lalu lintas dan mendorong masyarakat untuk tertib mematuhi aturan. Kami mengimbau pengendara untuk mengambil jalur sedikit lebih jauh agar mereka terhindar dari kecelakaan,” katanya, seperti yang dilansir dari suaramerdeka.com, Jumat (5/4).

Seperti diketahui, rencana pemasangan kembali barikade di Jalan Adisucipto, sudah digulirkan Dishub Kota Solo sejak Maret 2019 lalu. Waktu itu pemasangan akan dilakukan di depan Hotel Fave guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

Baca jugaDishub Bikin Taman Edukasi Keselamatan Jalan di Terminal Bulupitu Purwokerto

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, dulu pelepasan barikade itu merupakan permintaan masyarakat.

Ia menambahkan dengan dipasangnya barikade sebagai median jalan, masyarakat Kota Solo dapat berputar arah di tempat yang diperbolehkan. Menurutnya, saat ini masyarakat belum muncul kesadaran untuk berputar sedikit lebih jauh. Padahal, hal itu sebagai upaya untuk mencegah timbulnya kecelakaan.

Kanit Laka Satlantas Polresta Solo, Iptu Bambang Subekti, mengatakan menyambut baik langkah yang akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan.

“Satlantas juga telah memohon pemasangan barikade itu. Banyaknya penyebrang jalan dan kurang hati-hatinya pengendara di ruas jalan utama menyebabkan kecelakaan. Tidak mengurangi rasa hormat kepada warga dan pengendara untuk silakan sedikit berputar demi keselamatan,” ujarnya.

Ia menambahkan pemasangan barikade berdasarkan korban meninggal pada kecelakaan beberapa waktu lalu. Nantinya, apabila ditutup ruas jalan itu, pengendara dari arah barat berputar di Simpang Empat Tugu Wisnu. (nug/lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *