fbpx Press "Enter" to skip to content

7.000 Lebih WNI Nyoblos di Mesir, Di Afsel Pemilih Disuguhi Sate Padang

Minggu, 14 April 2019
Mari berbagi

JoSS, MESIR – Pesta demokrasi untuk memilih Presiden dan wakil serta anggota legislative telah dilakukan terlebih dahulu bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di sejumlah negara. Seperti di Mesir dan Afrika Selatan.

Antusiasme warga terlihat dari tingkat partisipasi yang mencapai 75%. Lebih dari tujuh ribu WNI di Mesir berkumpul di halaman kantor KBRI Kairo untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II pada Sabtu (13/4).

Dikutip dari CNNIndonesia, dari total 7.671 calon pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Mesir, 7.411 pemilih terdaftar melakukan pencoblosan pada 15 TPS di KBRI Kairo. Pemilih lainnya melakukan pencoblosan melalui kotak suara keliling dan melalui pos.

Sejak pagi hari seluruh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Mesir dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) telah terlihat siap menyambut kedatangan pemilih. Sesuai jadwal yang ditetapkan PPLN, Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka mulai pukul 08.00 s.d. 18.00 waktu setempat.

Dubes RI untuk Mesir, Helmy Fauzy menilai suasana pencoblosan yang cukup meriah menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia di Mesir. “KBRI Kairo senantiasa berusaha menghadirkan suasana damai dan gembira dalam pesta demokrasi ini,” ujar Helmy.

Ketua PPLN Mesir Amin Samad mengatakan pencoblosan di Kairo dimulai tepat waktu pada pukul 08.00 waktu setempat. “Lima belas TPS telah disiapkan di KBRI Kairo dengan dihadiri juga oleh saksi dari paslon 01 dan 02 dan dari perwakilan partai pendukung,” ujar Amin Samad.

Sementara itu, aroma sate Padang menyeruak di Kedutaan Besar RI di Pretoria, Afrika Selatan. Tak hanya makanan khas, pihak penyelenggara pemilu menggelar pasar dadakan produk Indonesia, di sela-sela proses pemungutan suara Pemilu 2019, Sabtu (13/4).  Hal itu sebagai daya tarik agar para WNI yang tinggal di Afrika Selatan mau datang untuk menggunakan hak pilih.

Baca juga: Surat Suara Tercoblos di Malaysia, KPU: Jangan Berpolemik

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi, menuturkan sejumlah makanan khas Indonesia dari kikil, nasi dan sate padang, hingga mi instan dijajakan.

“Ini adalah upaya kami untuk memeriahkan pesta pemilu agar para WNI di Afrika Selatan semakin tertarik untuk datang ke KBRI dan mencoblos hari ini,” ucap Salman.

Menurut Salman sebanyak 254 WNI tercatat sebagai pemilih di Afrika Selatan. Sebagian besar, paparnya, akan datang langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) yang berlokasi di kompleks KBRI.

“Sementara sisanya sekitar 34-35 orang menggunakan hak suaranya melalui pengiriman pos, jadi tidak datang ke KBRI. Sampai jam segini sudah sebagian besar pemilih datang ke KBRI,” kata Salman.

Salman mengatakan sebagian besar WNI di Afrika Selatan bekerja sebagai insinyur, pebisnis, pelajar, istri-istri ekspatriat, misionaris, hingga pengurus pesantren. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id