Industri Bulu Mata Palsu di Purbalingga Tergerus Produk Cina

Industri bulu mata
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, PURBALINGGA – Industri  bulu mata palsu di Kabupaten Purbalingga mulai surut. Akibat persaingan dengan produk China yang lebih murah dan beragam, industri bulu mata palsu itu kini kondisinya makin mengkhawatirkan.

Menurut Kabid Perindustrian Dinperindag Kabupaten  Purbalingga Agus Purbadi Satya, penyebabnya karena gempuran pasar global terutama dari China yang memproduksi barang sama begitu masif.

Masalahnya, peredaran produk buatan China itu juga dibarengi peningkatan kualitas yang semakin baik. Selain itu, jumlah ekspor juga selalu meningkat karena proses produksi sudah menggunakan mesin.

“Mereka produknya terus meningkat. Baik dari segi jumlah maupun kualitas. Padahal mereka pakainya mesin, sehingga pula bisa memodifikasi hasil produksi,” kata Agus, Selasa (19/3), seperti dirilis Tribunjateng.com.

Tren peningkatan kualitas produk dari kompetitor ini menurut Agus sudah terjadi dua tahun terakhir ini. Mau tidak mau, para pelaku industry bulu mata di Purbalingga harus meningkatkan kualitas produknya. Dengan demikian, produk bulu mata Purbalingga tetap berani bersaing di pasaran. Sehingga tidak akan ada pengurangan jumlah karyawan karena permintaan berkurang.

“Dari segi kualitas sebenarnya tidak kalah. Tapi di dua tahun terakhir ini kompetitor, kualitasnya mendekati produk lokal. Karenanya perlu digenjot terus kualitasnya,” imbuhnya.

Dinperindag Purbalingga berencana bakal berdiskusi dengan pengusaha bulu mata dan rambut palsu di Purbalingga untuk mencari solusi terbaik dari masalah tersebut. Dia pun meminta berbagai pihak tidak khawatir atas dinamika industri bulu mata dan rambut palsu di Purbalingga saat ini.

Baca juga: Hadapi Revolusi Industri 4.0 Kadin Fokus Sertifikasi SDM

Industri bulu mata dan rambut palsu di Purbalingga disebut terbesar di dunia setelah Guangzo Cina. Industri ini mampu menyerap puluhan ribu tenaga kerja yang didominasi perempuan.

Bahkan Agus Purbadi Satya, pasar bulu mata palsu yang digempur produk dari Cina ini, bukan hanya pasar yang semula menjadi tujuan ekspor bulu mata palsu dari Purbalingga. Melainkan juga pasar di dalam negeri.

Terkait hal ini, dia mengaku salah satu penyebab pasar bulu mata palsu asal Purbalingga semakin tergerus. Hal itu karena kualitas bulu mata palsu produksi Cina, saat ini sudah semakin baik.

Menurutnya, produksi bulu mata palsu asal Cina semula tidak terlalu memengaruhi pasar bulu mata asal Purbalingga. Hal ini karena kualitas produk bulu mata asal Cina, masih kalah dengan kualitas bulu mata palsu asal Purbalingga.

Namun belakangan, industri bulu mata palsu Cina terus memperbaiki hasil produksinya dengan melakukan mekanisasi mesin. Sementara produksi bulu mata palsu di Purbalingga, tetap dilakukan secara manual.

”Perubahan proses produksi bulu mata palsu di Cina ini, menyebabkan kualitas produksi mereka semakin baik. Ini yang menyebabkan produksi bulu mata palsu asal Purbalingga menjadi kalah bersaing,” katanya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*