Fitri Carlina Tampil Bareng Grup Dangdut Asal Amerika

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Dangdut Cowboys, sebuah kelompok dangdut asal asal Pittsburgh, dan semua personelnya orang Amerika ini tampil dalam Dangdut USA di pusat kebudayaan Amerika @america di Jakarta, belum lama ini.

Mereka berhasil melantunkan tembang “Bujangan”, “Alamat Palsu”, dan sejumlah lagu dangdut lain. Hentakan gendang dan lantunan serulingnya berhasil membuat puluhan penonton ikut bergoyang.

Andrew Weintraub, vokalis yang juga pemimpin grup itu, mengatakan dangdut punya keunikan tersendiri.

“Ada banyak unsur yang unik karena itu musik asli Indonesia. Itu konteksnya Indonesia, ada lagu diciptakan oleh dan untuk orang Indonesia. Dan kontekstual yang unik pada masyarakat di sini. Jadi karena itu dangdut unik dan menarik,” ujarnya usai manggung seperti dirilis voaindonesia.com.

Pemain seruling, Stephen Schultz, mengatakan musik dangdut punya tantangan.

“Kapan seruling harus masuk, karena seruling tidak main sepanjang lagu. Berbeda dengan gitar yang dimainkan terus, seruling hanya di beberapa bagian. Secara teknis tidak sulit, tapi ornamentasinya berbeda,” ujarnya yang punya latar belakang pemain flute orkestra.

Dangdut Cowboys duet dengan pedangdut Fitri Carlina. Perempuan asal Banyuwangi itu merasa bangga bisa manggung bersama orang yang menekuni dangdut.

“Karena para personel Dangdut Cowboys ini bukan sembarangan orang, tapi beliau-beliau ini para profesor musik Dangdut yang ada di Amerika,” tuturnya.

Dangdut Cowboys didirikan pada 2007 oleh Andrew yang merupakan professor etnomusikologi di University of Pittsburgh. Orkes musik ini beranggotakan 6 pemain terdiri dari dosen, mahasiswa pascasarjana, dan musisi setempat.

Baca jugaManggung Di Rusia Via Vallen Banjir Dukungan Doa

Andrew mengatakan, kelompok ini dibentuk supaya mahasiswanya bisa lebih mengenal negara asal dangdut, Indonesia.

“Kalau mereka mempraktikkan musiknya, itu bisa lebih terasa menurut saya,” jelasnya dalam bahasa Indonesia yang fasih.

Pria ini pertama kali ke Indonesia pada 1984 untuk mempelajari gamelan Sunda, namun kecintaannya jatuh pada dangdut.

Dia kemudian datang kembali ke Indonesia pada 2005 untuk meneliti dangdut. Pada 2010 dia menerbitkan buku bertajuk “Dangdut Stories” yang jadi buku acuan mahasiswa di Perancis, Jerman, dan Inggris.

Andrew terus mendorong personel Dangdut Cowboys untuk mempelajari Indonesia supaya lebih memahami isi liriknya.

“Saya memaksakan mereka untuk belajar tentang Indonesia. Awalnya dengan bahasa, terus sejarah, sastra, dan lain-lain. Mereka bisa mengerti itu musik dari mana dan makna liriknya itu apa. Konteks sosialnya itu apa,” jabarnya.

Menurut Andrew, situasi sosial-politik Indonesia pun perlu dipelajari supaya mengerti kisah di balik sebuah lagu. Misalnya kesenjangan ekonomi pada 1970-an yang terefleksikan dalam lagu ‘Yang Kaya Makin Kaya’ Rhoma Irama. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*