COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

130.718

132.816

2%

Kasus Baru

1.942

2.098

8%

Update: 13 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

6 Kereta Layani Penumpang di Stasiun Batang

Kereta stasiun batang
Petugas KAI Daop 4 Semarang memberi sinyal keberangkatan kereta di Stasiun Batang, Jawa Tengah. | Foto: Joy/joss.co.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Terobosan pelayanan dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang. Masyarakat yang ingin bepergian dari Batang menuju Semarang, Tegal, maupun Jakarta dan sebaliknya dengan moda transportasi kereta api sudah dapat dilayani di Stasiun Batang.

“Stasiun Batang mulai Jumat (15/3) kembali difungsikan sebagai stasiun yang dapat melayani penumpang untuk bepergian menggunakan kereta api,” ungkap Deputy Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang Daniel Johannes Hutabarat kepada JoSS.co.id, Jumat (15/3).

Stasiun Batang sempat tidak beroperasi sebagai stasiun, tempat naik dan turun penumpang, sejak pertengahan tahun 2015. “Sejak double track dibangun dan dioperasikan, Batang hanya sebagai stasiun operasional saja mengingat penumpang waktu itu masi bisa diakses melalui Pekalongan,” timpal Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro.

Baca juga: Sambut Mudik PT KAI Daop 4 Tambah 11 Kereta

Peresmian Stasiun Batang sebagai stasiun yang melayani penumpang naik maupun turun ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita oleh Bupati Batang Wihaji. KA pertama yang berangkat dari Stasiun Batang yakni KA Kaligung dengan Nomor KA 408  pukul 06.01 WIB dari Stasiun Batang. Pemberian Semboyan 40 sebagai tanda keberangkatan KA diberikan oleh Kepala Stasiun Batang Agus Santosa.

Dengan peresmian tersebut, kereta yang berhenti di Stasiun Batang berstatus Berhenti Luar Biasa (BLB). Ada 6 kereta api yang berhenti secara BLB, yakni KA Kaligung relasi Brebes/Tegal – Semarang Poncol pagi dan sore, KA Kaligung relasi Semarang Poncol – Tegal/Brebes Pagi dan Sore serta KA Menoreh yang menuju ke Pasar Senen (Jakarta) maupun sebaliknya.

Untuk hari Jumat (15/3) hingga Minggu (17/3) KA Kaligung membawa 9 Kereta Ekonomi New Image dengan total kapasitas tempat duduk sejumlah 720 penumpang. Sedangkan untuk KA Menoreh membawa 8 Kereta Ekonomi New Image dengan total kapasitas tempat duduk sejumlah 640 penumpang

Krisbiyantoro menambahkan penggunakan istilah status BLB karena keenam kereta yang berhenti tersebut tidak terdapat dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2017. Kedepannya, dimasukkan dalam Gapeka 2019 sehingga keenam KA tersebut akan secara resmi berhenti di Stasiun Batang.

Stasiun Batang sendiri telah melalui berbagai tahapan reaktivasi. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas sesuai dengan standar minimum pelayanan (SPM) yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan. Fasilitas untuk penumpang yang tersedia di Stasiun Batang meliputi loket pembelian tiket kereta api yang sudah online, musala, toilet, ruang tunggu penumpang, lahan parkir dan fasilitas untuk penyandang cacat. (Joy/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*