fbpx Press "Enter" to skip to content

Puluhan Lukisan Karya Adolf Hitler Bakal Dilelang Di Jerman 

Mari berbagi

JoSS, JERMAN – Puluhan lukisan dan gambar yang yang diklaim hasil karya Adolf Hitler bakal di lelang di Jerman pada Sabtu (9/2).

Lebih dari 30 lukisan dan gambar tersebut bertanda ‘A. Hitler’ tersebut mulai dari lukisan cat minyak kegiatan pastoral sampai sketsa wanita telanjang, akan dijual di Rumah Lelang Weidler.

Situs resmi mereka menyebutkan nanti juga ada lelang special. Berbagai karya tersebut, yang mempunyai banyak variasi dan medium, ditandai atau memiliki monogram ‘A. Hitler’.

“Barang-barang ini datang dari Austria, atau kepemilikan privat di Eropa, kebanyakan dari para pesohor Reich Ketiga (Jerman Nazi), atau pewaris, atau kolektor,” ujar katalog terkait, melansir AFP.

Menurut surat kabar lokal Nurnberger Nachrichten, pelelangan dibuka dengan harga bervariasi, mulai dari $150 atau sekitar Rp2 juta untuk sketsa yang dibuat dari arang berjudul Weinberg Monastery, sampai $51 ribu atau sekitar Rp715 juta untuk lukisan cat air bertitel Ortschaft an Vorgebirgssee bergambar sebuah desa dekat danau di gunung.

Hitler diketahui pernah mencoba masuk sekolah seni Vienna Academy of Arts saat muda, namun ditolak karena kurangnya talenta.

Baca jugaKeprihatinan Tentang Manusia dan Kemanusiaan Dalam Pameran Lukisan Gus Mus

Bagaimanapun, ia diketahui terus menggambar, bahkan pernah mengkopi gambar pemandangan dari kartu pos yang lantas dijualnya kepada para turis.

Beberapa waktu lalu, kepolisian Jerman menyatakan tiga lukisan cat air yang dipresentasikan sebagai karya Hitler adalah palsu, tepat sebelum mulai dilelang di Berlin.

Pada 2015 silam, lukisan cat air Hitler yang dilelang ditebus dengan harga US$452 ribu atau setara Rp6,2 miliar.

Pada Januari lalu Mercedes-Benz sisa kejayaan pimpinan Nazi, Adolf Hitler bakal dilelang oleh Worldwide Auctioneers, di Scottsdale, Amerika Serikat. Mobil itu ialah 770K Grosser Open Tourer yang dirilis pada 1939.

Menurut rumah pelelangan, mobil tersebut selama ini kerap digunakan oleh seorang perwira bernama SS Erich Kempka yang merupakan sopir Hitler.

Semasa hidupnya, pimpinan Nazi itu kerap menggunakan mobilnya sebagai kendaraan parade antara tahun 1939 dan 1941. Selain itu 770K Grosser Open Tourer milik Hitler juga dipakai untuk mengunjungi para pejabat tinggi lainnya.

Layaknya mobil kepala negara, 770K Grosser milik Hitler juga telah dilengkapi berbagai fitur keamanan yang mumpuni. Mulai dari bagian bawah kendaraan yang sudah berlapis besi, kaca anti peluru dan plat baja yang menyelimuti bagian belakang tempat duduk.

Menyoal pasokan tenaga, mobil ini dibekali mesin inline-eight bertenaga 7.7 liter supercharged yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan yang dapat menghasilkan 230 tenaga kuda.

Meskipun terhitung lawas, pecahnya Perang Dunia II mendorong pasukan sekutu untuk menyimpan dan merawat Mercedes-Benz 770K Grosser yang hingga kini masih dalam kondisi prima. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id