MSG dan Radiasi HP Picu Kanker? Ternyata Ini Faktanya

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Selama ini sering kita membaca literasi atau berita-berita yang menyebutkan bahwa radiasi layar telepon seluler dan penggunaan Monosidium Glutamat (MSG) pada masakan bisa memicu pengaktifan sel kanker dalam tubuh manusia.

Menurut pakar ternyata itu merupakan mitos yang belum bisa diperkuat kebenarannya. Karena hal itu memang belum didukung hasil penelitian yang memadai.

Pada acara World Cancer Day oleh RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Senin (4/2), dr Angela Giselvania, Sp.Onk.Rad, dari Departemen Medik Radioterapi menjelaskan beberapa hal yang kerap dipercaya sebagai penyebab atau pemicu kanker.

“Berdasarkan literatur radiasi yang kami pernah cari itu mitos, karena tidak terbukti langsung radiasi hp itu menyebabkan kanker,” kata dokter yang akrab disapa dr Gisel ini.

“Ini (gadget) tuh radiasinya katanya kecil . Kalau kita kan foto rongent kan tembus tuh, kalau ini kan enggak. Dulu kita sih studi literatur tentang itu tapi belum ketemu. Cuma kan ilmu berkembang, itu yang enggak bisa kita jawab,” katanya.

Baca jugaWaduh, Radiasi Gadget Ternyata Juga Berbahaya bagi Kulit

Demikian juga halnya dengan penggunaan monosodium glutamat pada masakan. Belum ada temuan yang secara pasti menunjukkan kaitan antara micin alias monosodium glutamat (MSG) sebagai pemicu kanker.

Akan tetapi dr Gisel menyarankan untuk mengurangi pengunaan zat-zat artifisial atau buatan.

Sama halnya dengan pemanis buatan atau pewarna, sebaiknya juga dikurangi. Hmm kalau gitu mulai sekarang coba lebih perbanyak makan sayur dan buah dulu deh, sudah tercukupi belum rekomendasi harian untuk seratmu?

Peningkatan risiko kanker karena radiasi memang bisa terjadi akan tetapi kemungkinannya kecil. Selain itu, penggunaan alat yang memanfaatkan radiasi pun tentu tidak dilakukan setiap hari.

“Kalau curiga karena tumor otak dan pakai obat juga enggak sembuh ya lebih baik kan di CT scan biar ketahuan benar ada atau tidak, setelah ketahuan kita bisa mengobati lebih lanjut dibandingkan dibiarkan enggak radiasi,” jawabnya.

“Kalau normal kan enggak harus CT scan tiap hari kan, makanya CT scan kan cuma 6 bulan sekali atau setahun sekali dan kalau dibutuhkan.” (Wiek/lna)

2 Komentar

  1. Tepat sekali saat ini sudah banyak orang mulai perduli radiasi HP, salah satunya dengan menempelkan stiker anti radiasi HP di gadget nya. Dan tindakan preventif tersebut sangat baik untuk mengantisipasi paparan radiasi dari HP.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*