Kran Air Siap Minum Baru Dilengkapi Pengaman Agar Tak Dirusak

air
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang kembali memasang kran air siap minum di tempat umum nuntuk menggantikan yang lama. Ada 8 kran air siap minum baru yang dilengkapai pengaman agar tak dirusak. Pengalaman yang sebelumnya dirusak oleh aksi vandalisme.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan ada 8 kran yang difungsikan hari ini yaitu 4 di Taman Indonesia Kaya yang dulu dikenal sebagai Taman KB dan 4 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Dia mengatakan sebelumnya sudah dimulai kran siap minum pada tahun 2015 di Taman Pandanaran dan depan SMA 1 Semarang serta Taman Srigunting, tapi kini sudah tidak berfungsi karena dirusak oleh orang yang tak bertanggungjawab.

“Kita inovasi itu tidak kalah dengan daerah lain, tapi perawatan agak lemah, ini bagian dari pembelajaran kita,” katanya, Rabu (20/2), seperti dikutip dari Detik.com.

Hendi mengaku sejak 2016 lalu sudah memantau perawatan kran siap minum tersebut dan saat Hendi sidak ternyata justru tempat kran dijadikan asbak serta membuang sampah plastik.

Oleh sebab itu kali ini Pemkot Semarang menggandeng PP Properti dengan CSR-nya untuk membangun kran air siap minum serta perawatannya selama 2 tahun. Sedangkan Pemkot Semarang akan ikut andil dalam kebersihan serta keamanannya.

Baca juga: PDAM Bantul Jual Air Minum Kemasan

“Tolong sama-sama kita rawat, Pemerintah Kota Semarang dari kebersihan dan keamanannya, PP maintenancenya. Bantuan warga untuk merawat juga diharapkan. Kalau ilmunya sudah dapat, kita tambah pakai APBD,” pungkasnya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menambahkan untuk kran yang rusak pihaknya berkoordinasi dengan PDAM agar mengecek lagi sehingga bisa berfungsi. Sedangkan PP Properti juga akan diminta membantu untuk hal tersebut.

“Kami akan minta PDAM untuk cek lagi, kita minta PP untuk bantuan. Idealnya ya setiap taman ada, minimal taman yang besar,” pungkas Hevearita.

Sementara itu Direktur PP Properti Taufik Hidayat mengatakan pihaknya memberikan CSR kran air siap minum untuk membantu perkembangan Kota Semarang sekaligus berusaha mengurangi sampah plastik.

“Kita ingin agar masyarakat bangga. Ini juga mengurangi sampah plastik karena pengunjung tidak perlu membawa botol minum plastik,” kata Taufik. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*