Ngesti Pandawa

KAI Buka Penjualan Tiket Lebaran Mulai Hari Ini

Tiket
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Penjualan tiket kereta untuk masa mudik Lebaran 2019 sudah bisa dilakukan mulai Senin (25/2). Hal itu seiring dengan aturan di mana penjualan dilakukan pada H-90 hari keberangkatan.

“Lebaran kan bulan Juni, tiketnya sudah mulai bisa dibeli pada tanggal 25 Februari 2019,” kata Manajer Humas Daerah Operasi VI PT KAI Eko Budiyanto di Solo, Minggu (24/2).

Ia mengatakan khusus untuk Daerah Operasi VI sejauh ini tiket yang dijual masih bersifat reguler, yaitu sebanyak 19 KA untuk rute Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Banyuwangi.

Ia mengatakan 19 KA tersebut terdiri dari tiga kelas, yaitu eksekutif, ekonomi plus, dan bisnis. Meski demikian, untuk kapasitas di setiap perjalanan tidak sama, menyesuaikan tingkat permintaan pada saat itu.

“Rata-rata masing-masing KA terdiri dari 10 gerbong, kapasitasnya untuk eksekutif setiap gerbongnya 50 kursi, bisnis 64 kursi/gerbong, dan ekonomi plus 80 kursi/gerbong,” katanya.

Mengenai kereta api tambahan, dikatakannya, sejauh ini belum ada. Menurut dia, KA tambahan baru akan diumumkan beberapa hari sebelum memasuki bulan puasa.

Baca juga: Menhub Dorong Pengembangan Kereta Api Terintegrasi Di Surabaya

Sementara itu, dikatakannya, pada tanggal 25 Februari 2019, PT KAI mulai melakukan penjualan tiket keberangkatan pada tanggal 26 Mei 2019.

Mengenai puncak arus mudik, pihaknya memperkirakan akan terjadi pada Rabu (29/5), sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (9/6).

Sebelumnya, pada masa angkutan Lebaran 2018, PT KAIPT KAI Daop VI menyediakan lima KA tambahan, yaitu KA Argolawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka, KA Mataram Premium, dan KA Lodaya.

Ia mengatakan untuk kapasitas penumpang yang dapat diangkut oleh KA tambahan tersebut lebih dari7.700 penumpang.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (24/2) mengatakan, pada tanggal 25 Februari itu, tiket yang dijual adalah untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau tanggal 26 Mei 2019.

Untuk keberangkatan H-3 Lebaran atau 2 Juni 2019, tiket baru bisa dipesan pada 4 Maret 2019.

Pada tahun ini, kapasitas kursi yang disediakan adalah 247.010 kursi per hari. Selama masa mudik Lebaran 2019, PT KAI bakal mengoperasikan 356 KA reguler dan 50 KA tambahan.

“Nanti juga akan disediakan kereta tambahan. Untuk saat ini, yang bisa kami sampaikan, asumsi puncak arus mudik, artinya seluruh bangku tertutup, itu kira-kira H-7 pada saat sebelum Lebaran, dan diasumsikan penuh kembali pada H+3,” ujar Edi. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*