Chicha Koeswoyo Ajak Milenial Kreatif Menulis

Chicha Koeswoyo |
Chicha Koeswoyo | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Chicha Koeswoyo, mantan penyanyi cilik, menyemangati masyarakat, terutama kaum milenial untuk gemar menulis. Chicha berharap generasi milenial bisa memanfaatkan teknologi untuk berkarya.

Hal itu diungkapkan Chicha saat menjadi moderator dalam kegiatan The Writters yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (13/2) Chicha juga mengingatkan seseorang dalam menerima sebuah informasi janganlah langsung reaktif. Chicha mengimbau kepada masyarakat khususnya generasi milenial agar menggunakan teknologi dengan baik.

“Iya, generasi jaman sekarang sudah enak, teknologi sudah canggih. Tapi dalam menerima informasi, sebaiknya jangan langsung reaktif. Harus bisa memilah mana berita hoax mana yang fakta.” tutur Chicha seperti dirilis SuaraKarya.id.

The Writters adalah kumpulan para penulis yang mengadakan seminar ‘Meet The Writters’ (Sebelum Mati Buatlah Minimal Satu Buku).

Seminar itu digelar mengingat rendahnya tingkat membaca orang Indonesia menjadi perhatian khusus sejumlah pihak. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pernah mengungkapkan, bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen, artinya dari 1.000 orang Indonesia, hanya satu yang rajin membaca.

Baca juga: Sutopo Ucapkan Selamat Kepada Raisa dan Hamish Atas Kelahiran Puterinya

Diungkapkan Maman Suherman, penggagas ‘Meet The Writters’, kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan minat baca orang. Sebab, menurut Maman, kondisi masyarakat Indonesia terhadap minat baca sangat memprihatinkan.

“Acara ini bertujuan untuk mengajak orang bersemangat menulis buku. Ini sebuah lompatan, karena jika orang semangat menulis buku itu berarti mengajak orang membaca.” kata pria yang hangat disapa Kang Maman.

Melihat situasi sekarang dimana teknologi semakin berkembang, tentunya membawa dampak terhadap masyarakat. Ironinya, selain menurunnya tingkat membaca dan menulis, masyarakat mudah percaya dengan sesuatu yang belum tentu benar.

“Orang lebih percaya kepada sesuatu yang bukan fakta. Apa yang didengar langsung disebar Nah, kalau orang punya semangat membaca dan menulis, pasti dia tidak akan mudah terpengaruh hal-hal yang bisa jadi bukan sebuah fakta, atau bahkan mencampur adukan antara opini dengan fakta. Itu berbahaya.” jelas Kang Maman.

Terkait dengan berkembangnya teknologi, generasi muda Indonesia sekarang kian mendapat kemudahan dalam banyak hal. Segala sesuatu dapat dengan mudah dijangkau. Jika teknologi digunakan untuk hal positif maka akan berdampak baik, pun sebaliknya, akan menjadi senjata ‘pemusnah’ jika digunakan untuk hal yang negatif. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*