fbpx

Biji Pepaya Ternyata Manfaatnya Dahsyat

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Selama ini orang cuma mengenal buah pepaya yang kaya akan nutrisi dan serat, juga daun atau bunga pepaya yang sedap untuk dijadikan bahan masakan. Namun tahukah Anda bahwa biji buah pepaya yang berwarna hitam itu ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan?

Dalam sebuah penelitian menemukan kandungan dalam biji pepaya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berikut penjelasannya:

1. Melindungi fungsi ginjal

Ginjal memainkan peranan penting bagi tubuh sebagai ‘mesin pembuang’ racun atau sampah dan kelebihan cairan dari tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi biji pepaya dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Dilansir dari Healthline, studi pada hewan membuktikan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal pada tikus.

2. Antikanker

Biji pepaya mengandung komponen antioksidan dan nutrisi sehingga bisa dijadikan sebagai antikanker. Sebuah tes menemukan bahwa biji pepaya yang berwarna hitam bisa menurunkan infalamasi dan melawan perkembangan sel kanker.

Sementara itu pada tes berbeda, biji pepaya efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat. Studi-studi ini memberikan hasil menjanjikan meski masih diperlukan studi lanjutan.

3. Jaga Pencernaan

Tak hanya buahnya, biji pepaya pun bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan seratnya membuat proses pencernaan lancar hingga proses sekresi. Konstipasi pun bisa dicegah.

Baca jugaBenarkah Daun Pepaya dan Jambu Biji Bisa Naikkan Trombosit?

4. Tingkatkan kesuburan

Biji pepaya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Bagi pria, biji pepaya dapat meningkatkan produksi sperma, sedangkan pada wanita, biji pepaya dapat membantu produksi dan peningkatan kualitas sel telur.

5. Bantu atasi jerawat

Tak perlu menggunakan obat-obatan kimia, biji pepaya dapat membantu mengatasi jerawat. Kali ini padukan dengan daun pepaya untuk manfaat ekstra.

Buat pasta dari biji dan daun pepaya. Oleskan pasta ini pada jerawat dan biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas. Pastikan tak ada sisa pasta pada kulit. Pasta biji dan daun pepaya membantu memperbaiki jaringan kulit yang mengalami jerawat.

6. Bantu proses detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah proses membersihkan tubuh dari toksin atau racun. Biji pepaya mengandung komponen antibakterial, anthelmintiv dan antioksidan yang mengusir racun-racun dari dalam tubuh. (Wiek/lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *