Warga Temanggung Rintis Agrowisata Kelengkeng

agrowisata kelengkeng
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, TEMANGGUNG – Temanggung bakal punya agrowisata kelengkeng. Hal itu sudah dimulai warga Desa Greges, Tembarak, Kabupaten Temanggung yang mulai menanam kelengkeng itoh super.

Penanaman perdana kelengkeng itoh super dilakukan oleh pejabat Sekda Kabupaten Temanggung Suyono di kebun warga Desa Greges di Temanggung, Senin (28/1).

Terobosan penanaman kelengkeng ini, kata Suyono, merupakan pemikiran yang cerdas untuk memajukan desa. “Melalui penanaman kelengkeng ini kami berharap akan dapat lebih menyejahterakan masyarakat,” kata Suyono.

Kegiatan ini merupakan uji coba pengembangan buah kelengkeng jenis itoh super di Temanggung dan nantinya bisa dikembangkan di desa lain.
Suyono berharap melalui pengembangan kelengkeng ini, nantinya Temanggung tidak hanya menghasilkan buah durian dari Ngropoh, tetapi juga menjadi sentra kelengkeng super di Desa Greges ini.

“Melalui pengembangan kelengkeng ini, di Temanggung semakin banyak pilihan dan ini akan lebih menguntungkan petani, karena kalau tanaman seragam semua maka harga bisa jatuh,” katanya.

Pemilik CV Telaga Nursery Isto Suwarno yang telah mengambangkan kebun kelengkeng di Prambanan Jawa Tengah, mengatakan program penanaman kelengkeng itoh super ini masih baru dan sangat tepat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Melalui wisataagro, nanti pengunjung bisa memetik sendiri buah kelengkeng dari pohonnya. Dalam hal ini ada inovasi kelengkeng berbuah tidak hanya pada musimnya,” katanya.

Menurut dia keunggulan kelengkeng itoh super buahnya lebat, biji kecil, dan dagingnya tebal.

Baca juga: Mau Liburan Tapi Dana Mepet? Tempat Wisata Ini Bisa Kamu Coba

Agrowisata kelengkeng Kabupaten Grobogan, tepatnya di Dusun Ngrenjah, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan.

Lahan pertanian di sekitar wilayah hutan biasanya hanya ditanami tanaman keras dan palawija yang memiliki nilai ekonomi sangat rendah. Namun oleh Widodo(38), seorang petani muda dari Dusun Ngrenjah, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Grobogan mengubah lahan kurang produktif tersebut  menjadi agrowisata kelengkeng.

Ia melakukan terobosan baru, setelah tanaman sebelumnya, yakni singkong gajah gagal.

“Sebelumnya saya tanami singkong gajah, hanya menyediakan bibitnya saja. Namun saat harganya jatuh dan tidak laku, akhirnya saya mencoba menanam kelengkeng ini. Alhamdulillah bisa seperti ini,” ungkapnya.

Jumlah pengunjung yang sangat membludak membuat  pengelola kewalahan. Pihaknya telah berupaya untuk menutup sementara agrowisata agar ketersediaan buah siap petik melimpah. Namun antusiasme pengunjung tidak bisa dibendung, walaupun sudah ditutup mereka memaksa untuk tetap masuk agrowisata.

“Memang jumlah pengunjung di luar dugaan kami. Sehingga buah yang siap petik menjadi terbatas. Setiap hari libur, ribuan pengunjung datang ke sini. Mau dicegah sudah tidak bisa,” kata Widodo. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*