fbpx Press "Enter" to skip to content

Ivanka Trump Kandidat Presiden Bank Dunia

Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Putri Presiden AS Donald Trump, Ivanka Trump disebut-sebut menjadi kandidat dari Amerika yang mungkin menggantikan Jim Yong Kim sebagai presiden bank dunia.

The Financial Times melaporkan, selain Ivanka, ada juga mantan duta besar PBB Nikki Haley dan beberapa nama lain yang menjadi kandidat pengganti Kim.

Beberapa nama tersebut adalah wakil menteri keuangan David Malpass dan Mark Green, kepala badan pembangunan Internasional AS.

Mengutip AFP, departemen keuangan mengungkapkan bahwa mereka tidak berkomentar tentang calon-calon potensial tersebut.

“Departemen sudah menerima sejumlah besar rekomendasi,” kata seorang juru bicara.

“Kami sedang memulai proses peninjauan internal untuk calon AS. Kami berharap bisa bekerjasama dengan gubernur untuk memilih pemimpin baru,” katanya seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Baca jugaTrump Ancam Rusia Terkait Penarikan Diri Atas Perjanjian Antisenjata Nuklir

Berdasarkan perjanjian tak tertulis, Amerika Serikat, yang merupakan pemegang saham terbesar bank dunia, selalu memilih presidennya sejak lembaga ini didirikan setelah Perang Dunia II.

Dewan Bank Dunia, Kamis mengungkapkan akan mulai menerima nominasi presiden baru awal bulan Februari. Mereka akan mengumumkan nama pengganti Kim dan menjadi presiden bank dunia yang baru pada pertengahan April.

Untuk mengisi kekosongan pascapengumuman mundur Kim, CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva akan menjabat sebagai presiden sementara mulai saat pengunduran diri Kim berlaku 1 Februari mendatang.

Seperti diketahui, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim memutuskan untuk mengundurkan diri. Padahal, masa jabatannya baru akan berakhir tiga tahun mendatang. Pengunduran diri tersebut efektif berlaku mulai 1 Februari mendatang.

Dikutip dari Reuters, Selasa (8/1), pengunduran diri Kim diduga karena perselisihan kebijakan antara ia dengan Presiden AS Donald Trump terkait perubahan iklim.

Dalam sebuah pernyataan, Kim mengatakan usai mengundurkan diri ia akan bergabung dengan bank investasi untuk fokus pada investasi infrastruktur di negara-negara berkembang.

Tapi, sumber mengatakan Kim mengundurkan diri atas kemauannya sendiri dan ‘tidak diusir’ oleh Pemerintahan Trump.

CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva, warga negara Bulgaria, rencananya akan mengambil alih jabatan presiden usai pengunduran diri Kim berlaku efektif 1 Februari mendatang.

Selama masa jabatannya sebagai presiden Bank Dunia, Kim telah mendorong pendanaan untuk proyek-proyek energi hijau.

Pendanaan tersebut sebagian besar mengurangi dukungan untuk investasi tenaga batubara, suatu posisi yang ditentang Trump. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id