fbpx Press "Enter" to skip to content

Tonga Kerajaan Pertama Yang  Rayakan Tahun Baru 2019, AS Terakhir

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Perayaan malam pergantian tahun selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian bsar penduduk dunia. Tahun yang baru mengandung harapan dan doa untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Untuk itu, hampir diseluruh penjuru dunia mengadakan acara penyambutan tahun baru. Ada yang merayakannya di puncak gunung, pusat kota, tempat ibadah hingga dasar laut.

Pesta kembang api, ragam panggung hiburan, karnaval dan sejumlah atraksi menarik yang menyedot penduduk bumi untuk berkumpul di titik-titik yang menjadi destinasi wisata.

Hal ini menjadi sebuah tradisi yang turun temurun dan berulang setiap tahunnya. Namun sayangnya, momen pergantian tahun tidak bisa dinikmati secara serentak karena kondisi geografis bumi.

Di Indonesia misalnya, untuk wilayah timur yaitu Jayapura sudah pasti akan merayakan tahun baru terlebih dahulu ketimbang Jakarta meski hanya berjarak hitungan jam, demikian juga dengan negara-negara di dunia yang bisa berjarak belasan jam.

Dikutip dari The Sun, sebuah negara di Samudra Pasifik bagian selatan yaitu Kerajaan Tonga adalah negara pertama yang akan merayakan malam pergantian tahun di dunia, menurut waktu Greenwich.

Baca jugaMalam Tahun Baru Jalur Pendakian di Gunung Merbabu dan Merapi Ditutup

Tonga adalah negara kepulauan yang berjarak 690 kilometer ke arah timur laut dari Suva, ibukota dan kota terbesar di Fiji.

Kepulauan Tonga terletak di perbatasan dua lempeng tektonik yaitu Pasifik dan Australia. Bagian barat kepulauan ini terdapat palung yang dalam yang terletak pada daerah laut negara, dan merupakan akumulasi wilayah vulkanik pulau dan karang karang. Kemungkinan kepulauan tersebut sudah ada pada era Eosen.

Industri pariwisata relatif belum berkembang, namun, pemerintah mengakui bahwa pariwisata dapat memainkan peran utama dalam pembangunan ekonomi, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan sumber pendapatan.

Kapal pesiar sering berhenti di Vavau, tempat yang memiliki reputasi untuk menonton ikan paus nya, memancing, berselancar, pantai dan semakin menjadi pemain utama di pasar Pasifik Selatan pariwisata.

Sementara negara terakhir yang merayakan tahun baru adalah Amerika Serikat, tepatnya kawasan pulau Baker dan pulau Howland. Indonesia sendiri adalah negara ketujuh yang merayakan tahun baru.

Berikut adalah urutan negara yang merayakan malam pergantian tahun dari yang paling pertama hingga terakhir seperti dihimpun CNNIndonesia: Tonga, Selandia Baru, Australia, Jepang & Korea Selatan, Korea Utara, China, Filipina, Singapura, Indonesia, Myanmar, Bangladesh, Nepal, India dan Sri Lanka.

Selanjutnya ada Pakistan, Afghanistan, Azerbaijan, Iran, Russia, Yunani, Jerman, Inggris, Brazil, Argentina, Paraguay, dan yang terakhir adalah Amerika Serikat  yang terdiri dari Kanada, Alaska, Hawaii, Samoa, Pulau Baker dan Pulau Howland. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id