fbpx Press "Enter" to skip to content

Thai Lion Air Buka Penerbangan Langsung Thailand – Denpasar

Mari berbagi

JoSS, DENPASAR – Maskapai penerbangan Thai Lion Air kembali membuka rute Don Mueang (DMK), Thailand menuju Denpasar (DPS), Bali dengan melayani penerbangan sebanyak tujuh kali seminggu.

Area Manager Wilayah Bali dan Nusa Tenggara Lion Air Group Fajar Teguh mengatakan penerbangan langsung Thailand menuju Denpasar dan sebaliknya ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan pariwisata kedua daerah.

Dia menuturkan dalam periode Januari-2018, tingkat kedatangan wisatawan Thailand ke Bali adalah 49.420 kunjungan atau naik 47% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Kami juga berharap akan ada lagi penambahan frekuensi penerbangan ke Bali,” ujarnya dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Staf Khusus Menteri Pariwisata (Menpar) Bidang Akses dan Infrastruktur Judi Rifajantoro menerangkan rute ini akan melahirkan peluang baru untuk pariwisata Bali seperti peningkatan kunjungan wisata hingga kerja sama promosi wisata antar keduanya.

Terlebih, Thai Lion mempunyai jaringan penerbangan yang luas ke-20 kota di China, hingga India dan Jepang.

“Saat ini, ada lebih dari 40 juta wisatawan asing di Thailand. Mari kita buat destinasi kembar, yaitu Bangkok dan Bali,” tuturnya.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Rusia, Aeroflot-Rossiya Airlines resmi membuka penerbangan langsung rute Moskow-Denpasar, pada akhir Oktober lalu.

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M Wahid Supriyadi mengatakan penerbangan langsung sebelumnya terjadi 30 tahun lalu dan itu pun masih bersifat charter flight.

Wahid berharap pembukaan rute ini bermanfaat untuk kedua negara, khususnya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Baca jugaPT KAI Pensiunkan 886 Kereta Tua

Sepanjang 2017, wisman asal Rusia ke Indonesia meningkat hingga 37 persen menjadi 110 ribu wisatawan.

Penerbangan langsung Moskow-Denpasar diharapkan bisa menggenjot pertumbuhan jumlah wisman per tahunnya menjadi minimal 145 ribu.

Head of Political Section dari Kedutaan Besar Rusia untuk RI, Andrey Kuznetsov berharap hubungan kedua negara semakin erat.

“Rusia menjadi satu dari lima negara Eropa dengan kunjungan wisman terbanyak ke Bali. Kami senang atas sambutannya yang menyenangkan dan mengesankan,” ujar Kuznetsov.

Otoritas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat jumlah wisman Rusia ke Bali mencapai 80.975 orang, naik 10,38 persen dibanding 73.359 orang periode sama tahun lalu.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero), Devy Suradji menambahkan Ngurah Rai sekarang mampu melayani penerbangan jarak jauh dengan pesawat berbadan lebar.

Kesiapan infrastruktur, seperti runway sepanjang tiga ribu meter, apron, garbarata menunjukkan bandara ini semakin siap melayani semua kelas penerbangan.

“Semoga jumlah kunjungan turis Rusia meningkat pesat,” katanya.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi menyatakan selama Januari-November 2018 ada 5,6 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui jalur udara ke Bali. Jumlah tersebut naik 7,31% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

“Dengan dibukanya kembali rute ini, diharapkan dapat menjadi salah satu katalis dalam peningkatan jumlah wisman ke Pulau Dewata,” ucapnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id