fbpx

Rukma Dukung Generasi Muda Lestarikan Budaya Daerah

Rukma
Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAGELANG – Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mendukung penuh upaya pelestarian budaya daerah oleh generasi muda. Dia menilai kebudayaan merupakan sarana untuk memajukan bangsa dan negara.

Politisi PDIP yang kini juga mencalonkan dirinya untuk kursi DPRRI dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 Dapil VI (Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Purworejo) ini  juga siap mendorong Pemprov melakukan hal yang sama.

Menurut Rukma, pelestarian budaya merupakan salah satu program Pemprov Jateng. Namun semua lapisan masyarakat juga harus ikut berkontribusi dalam memberikan dukungan kepada generasi muda untuk terus memperjuangkan dan melestarikan kebudayaan daerah.

“Para pelaku seni hendaknya disupport dengan memberi sarana prasarana yang dibutuhkan,” ujarnya disela menghadiri pentas seni ‘Geliat Panggung Mantyasih’ di Kampung Mantyasih, Kelurahan Metesih, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, belum lama ini.

Rukma menilai di tengah perkembangan teknologi dan era globalisasi saat ini mempertahankan budaya menjadi pekerjaan yang berat bagi generasi muda.

Baca juga: 7 Tahun Vacum Titi Kamal Ingin Menyanyi Lagi

Dia berharap para pemuda di wilayah ini tidak menyerah untuk terus melestarikan budaya karena budaya tersebut mampu memajukan bangsa dan negara.

“Para pelaku seni memiliki tugas yang tidak ringan dalam nguri-uri budaya. Terlebih di era globalisasi saat berbagai kebudayaan asing mendominasi.  Saya melihat anak-anak muda yang ikut dalam seni tari. Saya berharap anak-anak muda ini tidak menyerah untuk terus melestarikan budaya karena budaya tersebut mampu memajukan bangsa dan negara,” kata mantan guru SMA ini.

Pentas seni tersebut diisi dengan alunan gamelan dan seni tari kontemporer yang dimainkan oleh anak-anak muda setempat.

Sugeng dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Magelang mengaku bangga dengan gelaran pentas seni tersebut. Ia juga mengapresiasi hadirnya Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi sehingga acara pentas seni semakin meriah.

“Kami berterima kasih dengan kehadiran Pak Rukma. Harapannya, Pak Rukma terus mendukung upaya pelestarian seni budaya di Kota Magelang,” katanya.

Ia juga menyempatkan untuk menyampaikan aspirasinya kepada Rukma. Yakni, masih minimnya sound system dan lighting untuk pagelaran pentas seni.

“Disini, kami sudah punya peralatan, termasuk lighting yang merupakan bantuan dari Pemprov Jateng. Diharapkan, bantuan tersebut dapat tetap diberikan untuk mendukung upaya pelestarian budaya di Kota Magelang,” ucapnya.

Usai memberikan sambutan, Rukma bersama Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina diminta panitia acara untuk menari bersama anak-anak muda. Hal itu sebagai wujud semangat DPRD Jateng dalam upaya pelestarian budaya. (lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *