Hari Ini KA Joglosemarkerto Berkapasitas 660 Kursi Diluncurkan

KA Joglosemarkerto
Ilustrasi kereta api | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap meluncurkan Kereta Api (KA) Joglosemarkerto yang melayani relasi Semarang-Solo-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto-Tegal-Pekalongan siap diluncurkan di Semarang.

Wakil Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang Asdo Artriviyanto mengatakan pihaknya akan meluncurkan KA Joglosemarkerto dari Stasiun Tawang Semarang, Sabtu (1/12).

“Kami akan luncurkan KA Joglosemarkerto pemberangkatan dari Stasiun Tawang Semarang pada Sabtu (1/12) besok,” katanya, di Semarang, Jumat (29/11) seperti dikutip dari Antara.

Setiap hari, menurut dia, nanti akan ada tiga titik pemberangkatan awal KA Joglosemarkerto, yakni Stasiun Tawang pukul 06.15 WIB, Stasiun Solo Balapan pukul 06.00 WIB, dan Stasiun Purwokerto pukul 05.00 WIB.

Kehadiran tiga rangkaian KA Joglosemarkerto itu, kata dia, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat sebagai koridor yang menghubungkan daerah-daerah di sekitar Jawa Tengah.

Ia menjelaskan rangkaian KA Joglosemarkerto memiliki kapasitas 660 tempat duduk, terbagi atas 100 tempat duduk untuk kelas eksekutif dan 560 tempat duduk untuk kelas ekonomi.

“Total jarak tempuh untuk KA Joglosemarkerto adalah 579 kilometer mengelilingi jalur rel di Jateng. Ya, memang KA ini hadir untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Jateng,” kata Asdo.

Baca juga: Keren NYIA Bakal Dilengkapi Terowongan Terpanjang

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto menambahkan tarif KA Joglosemarkerto terbagi sesuai jarak tempuh dan kelasnya, yakni eksekutif atau ekonomi.

“Untuk masa perkenalan KA ini, kami berikan diskon khusus sebesar 10 persen. Tiket bisa dipesan melalui ‘channel-channel’ eksternal penjualan tiket KA atau via aplikasi KAI Access,” katanya.

Dengan hadirnya KA Joglosemarkerto, ia mengatakan masyarakat memiliki pilihan konektivitas relasi transportasi untuk bepergian ke Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal, dan sekitarnya.

“Ya, kami optimistis bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan sehingga waktu tinggalnya selama berkunjung di Jateng, khususnya Semarang bisa lebih lama,” katanya.

Wisatawan, kata dia, bisa berkeliling ke berbagai destinasi wisata yang ada di Jateng secara mudah menggunakan KA, misalnya di Lawang Sewu Semarang, Baturaden Banyumas, atau ke Yogyakarta.

“Semakin banyak alternatif transportasi penghubung antardaerah di Jateng tentunya akan semakin meningkatkan minat investor untuk menanamkan investasinya,” kata Suprapto. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*