Dibuka Fungsional Begini Pengaturan Arus Kendaraan Di Tol Pandaan – Malang

Mari berbagi

JoSS, MALANG – PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) akan membuka jalur Tol Pandaan – Malang pada 21 Desember mendatang. Salah satu ruas Tol Trans Jawa ini fungsional bisa dilewati kendaraan pada pada momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 secara gratis.

Meski demikian, pengoperasiannya akan diatur oleh polisi lalu lintas setempat karena akan pola pengaturannya diberlakukan secara khusus dan jam melintas yang dibatasi.

Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Jatim AKBP Guritno mengatakan bagi pengguna jalan yang ingin melintas dan mencoba Tol Pandaan – Malang harus memperhatikan pola pengaturan arus lalu lintas karena akan diberlakukan satu arah.

“Ada pembagian pola pengaturan arus pada tol fungsional Pandaan – Malang dan Malang – Pandaan.Pengaturan arus lalu lintas itu satu arah sesuai kesepakatan hasil rakor lintas sektoral,” ujar AKBP Guritno seperti dikutip dari SURYAMALANG.COM, belum lama ini.

Dia menambahkan sesuai kesepakatan hasil Rakor lintas sektoral di kantor PT Jasa Marga Pandaan dan hasil konsolidasi Kasat Lantas Pasuruan, Kasat Lantas Malang Kota dan Malang ditetapkan pengaturan arus jalan tol Pandaan Malang nya sebagai berikut :

Pada 21-25/12 di khususkan satu jalur mengarah ke Malang ( SBY – Malang), selanjutnya pada 26 dan 27/12 di khususkan satu jalur mengarah sebaliknya yakni ke Surabaya ( Malang – SBY).

Untuk jelang akhir tahun tanggal 28- 31/12 dikhususkan satu jalur mengarah Malang ( SBY – Malang), 1- 3 Janari 2019 dikhususkan satu jalur mengarah SBY ( Malang – SBY)

“Jika volume ada peningkatan signifikas akan diatur secara fleksible atau situasional oleh Pju Ditlantas Polda Jatim selaku wasit dan Kasat Lantas setempat,” jelasnya.

Operasional jalan tol Pandaan Malang fungsional mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB dan atau selektif prioritas melihat situasi dilapangan.

Baca jugaFiersa Besari dan Wira Negara Bakal Gebrak Panggung Collaboration 2018

Humas PT JPM, Agus Tri Antyo mengatakan secara umum Jalan Tol Pandaan – Malang sudah bisa dilalui, terutama jalur dari Pandan hingga Singosari siap menyambut libur Nataru. Namun pihaknya masih menunggu pengecekan dan kordinasi terakhir dengan Korlantas dan Kemenhub.

“Sifatnya sebagai jalur fungsional, dan gratis,” ujarnya.

Ia memberikan catatan, jalur fungsional Jalan Tol Pandaan – Malang ini merupakan jalur darurat saat arus mudik ke arah Malang dan sebaliknya arus balik ke arah Surabaya. Dengan kondisi satu lajur dua jalur. Jalur fungsional ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan golongan 1 non bus.

Dia menambahkan jika jalur fungsional ini padat maka akan dialihkan ke jalur arteri. Ia menyiapkan beberapa skenario jika memang jalur fungsional ini dibuka dengan catatan sejumlah kendala yang masih dalam proses penyelesaian.

Yang menarik selama perjalanan di dalam jalur tol Pandaan Malang, akan banyak suguhan panorama alam yang indah. Pemandangan berupa lereng gunung yang berjajar akan menemani selama perjalanan.

Jalan Tol Pandaan – Malang terbagi dalam lima sesi, di mana masing-masing sesi jalan tol perkembangan kondisi pembangunannya berbeda-beda.

“Untuk seksi 1 jalan tol Pandaan Malang ini progres pembangunan konstruksinya sudah mencapai 92%, dengan panjang jalan mencapai 15,475 kilometer,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*