Warga Kaledonia Baru Tetap Merapat Ke Republik Prancis

Kaledonia Baru
Kaledonia Baru | Foto: WikiMedia (Thomas@RUN)
Mari berbagi

JoSS, PRANCIS – Hasil referendum yang dilakukan untuk menentukan nasib negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik tersebut menyatakan penduduk Kaledonia Baru memilih tetap menjadi bagian dari Republik Prancis.

Para pemilih di Kaledonia Baru dalam referendum ini diberi sebuah pertanyaan, “Apakah Anda ingin Kaledonia Baru mendapatkan kedaulatan penuh dan menjadi independen?”

Pemungatan suara yang berlangsung pada Minggu (4/11/2018) menunjukkan hasil 56,9% memilih ‘Tidak’ untuk kemerdekaan, sedangkan sisanya 43,1% menyetujui Kaledonia baru menjadi negara berdaulat.

Seperti dikutip dari Reuters, sebuah saluran televisi lokal NC La Iere melaporkan tingkat partisipasi referendum penentuan nasib negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik tersebut mencapai 80%.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan penduduk Kaledonia Baru telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah Prancis.

“Penduduk Kaledonia Baru memilih untuk tetap menjadi bagian dari Prancis, mereka telah memberi kepercayaan kepada Prancis, masa depan mereka, dan nilai-nilai yang mereka anut,” katanya, seperti dikutip dari Kabar24, Senin (5/11).

Baca juga: Apa Sih Dekompresi yang Merenggut Nyawa Syahrul Anto?

Seperti diketahui, Referendum di Kaledonia Baru merupakan langkah menentukan nasib sendiri pertama di teritori kekuasaan Prancis sejak Djibouti, bekas daerah kekuasaan Prancis di Afrika, memutuskan untuk merdeka pada 1977.

Macron mengaku memahami kekecewaan penduduk yang menginginkan kemerdekaan, tapi dia menambahkan Prancis akan tetap menjamin kemerdekaan, kesetaraan, dan persaudaraan di Kaledonia Baru.

Kelompok prokemerdekaan mayoritas berasal dari kelompok etnis Kanak, sementara keturunan pendatang pada masa kolonial merupakan loyalis Prancis.

Tensi antara kedua kelompok selama satu dekade terakhir cenderung meningkat. Hasil jajak pendapat ini diperkirakan mendorong kelompok nasionalis mengajukan kembali referendum beberapa tahun mendatang.

Selama kunjungan Macron ke Kaledonia Baru Mei lalu, dia mengakui sisa penderitaan kolonisasi yang dirasakan etnis Kanak. Dia juga mengapresiasi usaha mereka dalam memperjuangkan otonomi.

Perekonomian Kaledonia Baru sangat bergantung pada subsidi Prancis yang mencapai US$1,48 miliar setiap tahunnya. Pemasukan teritori tersebut juga didukung hasil tambang nikel yang memegang 25% cadangan dunia dan dari sektor pariwisata.

Kawasan yang menjadi koloni Prancis pada 1853 itu menikmati otonomi yang luas, tetapi mereka sangat tergantung pada Prancis dalam hal pertahanan dan pendidikan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*