Rumah Sakit dr Oen Sawit Boyolali Berhenti Beroperasi

boyolali
Rumah Sakit dr Oen Sawit Boyolali | Foto: solopos
Mari berbagi

JoSS, BOYOLALI – Pihak Rumah Sakit dr Oen Sawit Boyolali telah menyampaikan surat rencana penutupan rumah sakit tersebut kepada pemkot setempat. Belum diketahui pasti penyebab penutupan rumah sakit yang telah melayani kesehatan selama 20 tahun lebih.

Seperti dikutip dari Solopos, berdasarkan informasi, pihak manajemen telah melayangkan surat rencana penutupan tersebut kepada Pemkab Boyolali baru-baru ini.

Saat akan mengonfirmasi kabar itu, Sabtu (17/11), pejabat humas rumah sakit yang terletak di Desa Kateguhan, Kecamatan Sawit,Boyolali. itu tidak berada di tempat.

“Pak Heru [pejabat humas Heru Utomo] tidak ada. Mungkin sudah pulang,” ujar salah satu petugas di dekat ruang kasir yang enggan menyebut namanya.

Namun, petugas itu mengiyakan di kalangan karyawan sudah beredar kabar mengenai rencana penutupan rumah sakit. “Katanya begitu [rumah sakit akan tutup Desember]. Tapi untuk lebih jelasnya, silakan menanyakan kepada Pak Heru saja Senin [pekan depan],” imbuh petugas wanita tersebut.

Sementara itu, sejumlah pekerja outsourcing yang ditemui di lobi mengatakan hal senada. Menurut mereka, rumah sakit akan segera tutup dan mereka akan dikembalikan kepada pihak penyedia jasa outsourcing.

“Katanya pekan depan kami sudah akan diberi surat mengenai nasib kami. Tapi kami belum tahu itu surat apa. Kemungkinan kami akan ditarik [oleh penyedia jasa],” kata salah satu pekerja tersebut.

Baca juga: Waduh 27% Tanggul Di Sungai Bengawan Solo Rusak Karena Ini

Pekerja lainnya mengatakan, rumah sakit tersebut memang relatif sepi pasien dibandingkan rumah sakit-rumah sakit lainnya.

“Di sini dokter jaga ada, tapi dokter spesialisnya tidak ada atau tidak standby saya kurang tahu. Tapi kalau pasien ke sini ada yang pulang lagi enggak jadi periksa karena tidak ada dokter spesialis,” ujarnya.

Sementara itu, pantauan solopos.com, suasana rumah sakit yang berada di sisi utara jalan Sanggung-Pengging tersebut sepi. Di hall utama, kursi-kursi tunggu kosong tak ada seorang pun pasien terlihat. Sedangkan para pegawai di ruangan-ruangan tampak berbincang-bincang dengan rekannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Ratri S Survivalina saat dikonfirmasi mengenai rencana penutupa rumah sakit itu membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan dari manajemen. “Ya, sudah,” ujarnya melalui pesan singkat, Sabtu.

Meski demikian, pihaknya akan mengonfirmasi kepada yayasan pengelola rumah sakit perihal keputusan itu. “Kami baru mau konfirmasi ke kepada yayasan tentang keputusan [penutupan] itu.” (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*