KASN Kantongi 3 Nama Kandidat Sekda Solo

KASN
Ilustrasi | Foto: joss.co.id
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah mengantongi tiga nama kandidat calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta. Rencananya Sekda definitif akan dilantik awal Januari 2019.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Promosi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Solo, Anwar Hamdani mengatakan ketiga calon sekda itu yakni Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Rakhmat Sutomo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Suwarta, dan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Ahyani.

Dia mengatakan ketiganya telah mengikuti semua proses tahapan seleksi termasuk yang terakhir mengikuti sesi wawancara yang dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Ketiga calon itu sudah mengikuti tes wawancara yang dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Mereka ditanya bagaimana visi misinya nanti jika diberi amanah menjadi Sekda,” katanya belum lama ini, seperti dikutip dari Solopos.com.

Pada kesempatan itu, Pansel juga menyampaikan laporan tentang penyelenggaraan seleksi sekda kepada Gubernur dan Wakil Gubernur didampingi Sekda Provinsi Jateng. Pansel menjelaskan tentang penyelenggaraan seleksi promosi JPT Sekda yang berpegang pada prinsip transparansi, objektif, profesional, dan akuntabel.

Selama kegiatan seleksi berlangsung selalu diinformasikan kepada masyarakat melalui media massa dan didukung dokumen dan video. Apabila terdapat peserta yang tidak puas dengan hasil kerja Pansel, video itu dapat diputar.

Baca jugaKembangkan KIS Jabon Maspion Grup Garap Ajak Investor China

Gubernur Jateng mengapresiasi laporan dari pansel karena selama pelaksanaan berjalan dengan baik dan dilaksanakan secara transparan dan objektif.

“Gubernur bertanya kepada Pansel, tiga calon ini apakah memiliki hubungan baik dengan lingkungannya? Kami menjawab pansel telah mengadakan home visit ke seluruh peserta untuk melihat langsung lokasi rumah dan melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar,” katanya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan tiga calon memiliki kelebihan dan memiliki peluang yang sama untuk menjadi sekda. Menurutnya yang terpenting Sekda terpilih bisa menjadi pelayan masyarakat dan mampu menjalankan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai sekda.

Sia berharap, sekda bisa segera ditetapkan dan dilantik. Setelah mengantongi surat rekomendasi Gubernur Jawa Tengah, Pemkot menindaklanjuti ke KASN.

“Kami berharap rekomendasi dari KASN turun Desember nanti. Jadi awal Januari, sekda definitif sudah dilantik,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*