Press "Enter" to skip to content

Ini Menu Sarapan Orang Jepang yang Jadi Rahasia Panjang Umur

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Orang Jepang dikenal memiliki rentang usia yang panjang. Ternyata rahasianya ada pada pola makan, termasuk pilihan menu sarapan yang tinggi protein.

Dikabarkan Food NDTV (23/10) seperti dirilis Detik.com, orang Jepang rutin menyantap sup miso dan ikan tinggi protein sebagai asupan pertamanya di pagi hari. Belum lagi deretan menu lainnya seperti telur, tahu dan nasi yang dimakan dengan nori.

Coba contek waktu dan menu makanannya, bisa dimulai dengan menu sarapan dahulu.

1. Makan makanan yang difermentasi

Dalam menu sarapan tradisional Jepang, banyak makanan sehari-hari yang merupakan bahan fermentasi. Sebut saja seperti miso, kecap, cuka dan garam koji yang terbuat dari fermentasi biji-bijian.

Ada juga tsukemono yakni acar sayuran dan umeboshi serta natto yakni kacang kedelai fermentasi.

2. Menyantap banyak makanan dalam porsi kecil

Perbedaan mendasar antara sarapan ala Amerika dan Jepang tidak hanya komposisinya tetapi juga ukuran porsinya. Menu sarapan orang barat banyak mengandung gula dan lemak, berbeda dengan menu orang Jepang.

Sarapan orang Jepang biasa disajikan dalam porsi kecil namun bervarian dan banyak. Orang Jepang juga tak mengisi perutnya sampai penuh, mereka selalu menyisakan sedikit ruang dalam perutnya.

Baca juga: Relokasi Pipa PDAM Terdampak Proyek Flyover Purwosari Sedot Rp9,1 Miliar

3. Buat varian bahan dan rasa makanan

Dalam masakan Jepang, sangat penting memperhatikan pemilihan varian rasa, warna dan tekstur makanan.

Dari segi bentuk, makanan harus dibuat setidaknya dengan ukuran yang sama dan mudah dimakan. Ukuran makanan yang tidak sama akan membuat orang kurang tertarik menyantapnya.

Tujuan dari penggunaan warna-warni ini adalah agar mengonsumsi banyak sayuran dalam satu hidangan. Belum lagi pilihan paduan rasa yang tak kalah kaya.

Hidangan Jepang terdiri dari makanan yang terdiri dari kombinasi rasa manis (buah), asam (salad atau cuka), asin (asinan makanan) dan pahit (kopi atau teh hijau).

4. Menggunakan bahan segar

Orang Jepang membuat menu sarapannya dengan alami, tanpa mentega, bumbu, gula maupun saus. Jadi kesegaran bahan adalah hal utama yang sangat diperhatikan.

Sayuran harus 100 persen segar dan tidak boleh layu. Demikian juga dengan buah-buahan yang harus dimakan ketika matang dan tidak boleh didiamkan lama. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id