Press "Enter" to skip to content

Uji Adrenalinmu Dan Rasakan Sensasi Ayunan Langit Kulonprogo

Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – Dalam pekan Lebaran kali ini, ada satu wahana wisata yang sedang hits di kalangan netizen, terutama Instagram. “Adalah Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo yang sedang ngehits di instagram pekan ini, “ tulis sebuah akun di Instagram.

Ya, Yogyakarta selalu punya cerita, destinasi wisata baru yang tentu saja bisa jadi pilihan buat kamu saat liburan. Tempat yang terhitung masih fresh ini bernama Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

Desa Wisata ini baru saja merilis atraksi wisata terbaru mereka, Ayunan Langit Watujaran, pada 16 Mei 2017 lalu, namun saat itu belum terlalu ngehits. Ayunan Langit Watu Jaran jadi salah satu andalan yang dimiliki oleh Desa Wisata Purwosari.

Spot Ayunan Langit Watu Jaran, ini konon katanya mengadopsi ayunan dataran tinggi yang ada di The Lodge Maribaya, Lembang, Bandung atau mirip dengan yang ada di Bukit Bulu Malang Jawa Timur.

Konsepnya mungkin sama, tetapi, sensasi yang kamu rasakan saat menaiki Ayunan Langit Watujaran tentu saja akan berbeda.

Selain menyajikan pemandangan alam khas pegunungan, Ayunan Langit ini tentu saja wisata ekstrim, ayunannya yang sangat menantang adrenalin.

Tak semua orang berani melakukan ayunan di ketinggian, apalagi Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran ini berada di ketinggian 800 mdl. Sangat tinggi jika melihat posisinya di tepi jurang bukit, tentu saja akan memacu adrenalin serta nyali kamu.

Untuk masalah keamanan, tenang saja, karena di sini standar keamanannya sangat tinggi. Bagi mengunjung yang hendak menaiki ayunan, dilindungi dengan tali dan juga harness.

Selain Ayunan Langit Watujaran ini masih ada keseruan lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa ikuti tur menyusuri Goa Kidang Kencono. Di dalam lubang berdiameter sekitar dua meter ini kamu akan melihat pemandangan eksotis dari stalakmit dan stalaktit yang menempel di dinding goa.

Kamu pun dapat menjumpai indahnya ornamen serta pahatan-pahatan alami akibat fenomena geologis yang terjadi ribuan tahun lalu.

Di lokasi ini ada juga air terjun namun letaknya berada di bagian bawah. Selain itu ada Goa Kidang Kencana yang sudah cukup dikenal, serta ada Gardu Pandang Watu Jaran. Keindahan di lokasi ini adalah pemandangan hamparan perbukitan hijau dengan sawah dan ngarai di lembahnya.

Pemandangan alam yang ada di tempat ini tentulah bisa memanjakan mata bagi pengunjung, panorama hamparan pohon rindang, Bukit Menoreh, sawah, dan langit biru yang membentang dijamin buat siapa pun yang datang akan merasa jatuh cinta dibuatnya.

Saat menikmati pemandangan alam dari ketinggian ini, jangan lupa untuk melakukan swa foto. Pemandangan cantik yang instagramable ini tentulah sangat pas jika dijadikan latar belakang foto.

Lokasi spot baru berupa ayunan di ketinggian bukit ini lokasinya sekitar 30 km dari pusat kota Jogjakarta, dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Lokasi Ayunan Langit tak jauh dari Kebun Tebu Gendu. Untuk lebih jelasnya silakan lihat peta lokasi dan alamat Ayunan Langit Watu Jaran di Google Maps.

Untuk menuju ke Spot Ayunan langit, jika dari arah Kota Jogjakarta cukup ikuti saja jalur ke Goa Kiskendo. Jika belum tahu silakan menuju ke arah Jalan Godean, Sleman, lurus ke arah barat terus hingga melewati Perempatan Kenteng, Nanggulan, Kulonprogo dan lurus ambil Jalan Kali Gesing ikuti terus jalan utamanya.

“Sampai di Goa Kiskendo luru sedikit ke barat kemudian ada pertigaan ambil jalan arah kanan arah ke Goa Kidang Kencana. Sesampaianya di area Goa Kidang Kencana maka sudah ada plang penunjuk menuju ke Ayunan Langit,” jelas Kepala Desa Purwosari, Purwito Nugroho.

Untuk menikmati sensasi berayun langsung dari langit ini pengunjung harus merogoh kocek yang cukup dalam. Pengunjung harus membayar tiket masuk ayunan langit sebesar Rp30.000 per orang dan biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp2.000 per motor.

Harga tiket masuk tersebut, sudah termasuk biaya tiket ayunan, dan wahana lainnya termasuk caving di Goa Kidang Kencana.

Keseruan lain yang bisa kamu dapatkan saat berada di Desa Wisata Purwosari adalah bermain air di Curug Glimpang. Air terjun yang punya bentuk unik ini cukup ramai dikunjungi para traveler. Walau kolamnya tidak bening, kondisi airnya tetap bersih. (gdo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id