Press "Enter" to skip to content

Tol Salatiga – Colomadu Fungsional 13 Jam

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Jalan tol jalur fungsional Salatiga – Colomadu akan dibuka terbatas mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Pihak pengelola jalan tol Semarang – Solo akan memfungsikan jalan tol tersebut selama 13 jam tiap harinya.

“Jalur tol fungsional rencanannya dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Tapi ada permintaan dari Polda Jateng, agar dapat digunakan hingga pukul 21.00 WIB. Jadi kami akan buka tol tersebut dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB,” kata Pimpro Jalan tol Solo-Ngawi, Edi Priyono Broto, Selasa (5/6).

Edi mengatakan jalur tol tersebut telah dinyatakan layak fungsional dari Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Namun untuk pengoperasion resminya tengah menunggu surat keputusan dari Menteri Perhubungan.

“Untuk saat ini masih fungsional, jadi masih free,” ujar dia.

Terkait fungsional Salatiga Colomadu pada malam hari, lanjut Edi, telah disediakan penerangan jalan umum (PJU) sementara. Khusus di titik rawan, seperti di Jembatan Kenteng,penerangan dan rambu-rambu akan ditambah.

“Di titik-titik kritis akan kami jaga hingga selesai fungsional, terutama di wilayah persilangan sebidang. Di proyek kami ini terdapat sepuluh persilangan sebidang, kami tempatkan petugas dan rambu-rambu,” imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Hanung Triyono mengatakan tol fungsional dari Salatiga hingga Colomadu diupayakan siap H-7. Pasalnya sampai saat ini masih terdapat titik jembatan yang kritis yang tengah dikebut pengerjaannya.

“Yang paling kritis adalah Jembatan Kenteng dimana harus membuat jalur darurat sekitar 475 meter yang masih diselesaikan hingga H-7,” kata dia.

Selain Kenteng, ada tiga jembatan tol lain yang tengah proses pengecoran. Yakni Jembatan Genjer, Jembatan Cemara dan Jembatan Kutatunggah. Tiga jembatan tersebut ditarget dapat digunakan pada Jumat (8/6). “Pakai fast track (percepatan) sehingga diharapkan bisa cepat selesai,” tutur Hanung.

Secara keseluruhan progres pembangunan tol ini telah mencapai 90 persen. “Untuk fungsional Colomadu hingga Sragen juga sudah siap. Di situ ada tiga gerbang tol yakni gerbang tol bandara, gerbang tol Purwodadi dan gerbang tol Karanganyar,” sambungnya.

Hanung menambahkan rekayasa lalu lintas jalur fungsional akan dilakukan bersama Ditlantas Polda Jateng. “Untuk jalur mudik arahnya dari Salatiga hingga Colomadu akan menggunakan lajur kiri dari H-7 hingga H+2 dan untuk jalur balik dari H+3 hingga H+7,” pungkas dia. (joy/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id