Press "Enter" to skip to content

Ribuan Pemudik Keluar dari Bali

Mari berbagi

JoSS, MANGUPURA  – Sebanyak 1.534 orang pemudik tercatat berangkat dari Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, menuju berbagai kota di Pulau Jawa pada Sabtu Pukul 07.00 Wita hingga Pukul 16.00 Wita.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali-NTB, Agung Hartono, mengatakan selain ke Pulau Jawa yang terangkut dalam 56 armada bus, tercatat 1.101 orang dengan 82 bus menempuh jarak pendek ke sejumlah daerah di Bali.

“Selain 1.534 orang yang mudik ke Pulau Jawa dengan 56 armada bus, juga tercatat penumpang jarak pendek tujuan Kota Denpasar lewat Terminal Mengwi sebanyak 1.101 orang dengan 82 armada bus,” katanua, Sabtu (9/6).

Menurut dia, sejak beroperasinya Terminal Mengwi pada Oktober 2017 hingga saat ini terlihat sudah ada keramaian pengguna moda transportasi darat atau bus dari waktu ke waktu.

“Setiap bulan terlihat ada peningkatan jumlah penumpang yang datang ke Terminal Mengwi, setelah Terminal Ubung di Kota Denpasar tidak beroperasi lagi untuk angkutan bus angkutan kota antar provinsi (AKAP), kecuali antar-kota,” katanya.

Berdasarkan data dari Pos Pelayanan Lebaran di Terminal Mengwi pada Jumat (8/6) lalu, jumlah pemudik yang diberangkatkan sebanyak 2.803 dengan jumlah armada bus 86 unit selama 24 jam.

“Salah satu bukti banyaknya penumpang yang datang ke Terminal Mengwi saat ini, karena pelayanan dari petugas di terminal ini sudah sangat baik, artinya fasilitas yang disiapkan untuk masyarakat atau penumpang sudah sangat optimal, jumlah parkirnya juga luas, kondisi lebih tertib dan penumpang juga merasakan lebih nyaman,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya menegaskan, untuk jumlah bus yang datang ke Terminal Mengwi saat mudik Lebaran 2018 ini sudah terlihat ramai dibandingkan ke Terminal Ubung, Denpasar.

“Sementara datanya saya tidak memegang tapi berdasarkan data jumlahnya cukup signifikan dalam bulan yang sama dibandingkan Tahun 2017 dan Tahun 2016, jauh lebih tinggi di Terminal Mengwi daripada saat masih di Terminal Ubung,” katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya sudah menyampaikan kepada perusahaan otobus (PO) bahwa Kementerian Perhubungan telah membandingkan situasi kedatangan bus di Terminal Ubung dibandingkan di Terminal Mengwi sejak lima bulan terakhir dan terlihat dari datanya ada perbedaan.

“Peningkatan jumlah kedatangan bus dan penumbang terlihat dari data setiap bulannya dan saat mejelang mudik ini juga sudah terlihat ada peningkatan di Terminal Mengwi dibandingkan tahun sebelumnya di Terminal Ubung,” katanya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id