Press "Enter" to skip to content

Pemprov Dirikan Pos Kesehatan di Jalur Mudik Jateng

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dinas Kesehatan Provinsi Jateng menyiapkan lebih dari 195 pos kesehatan di sepanjang jalur mudik di wilayah Jateng. Persoalan kesehatan dan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan pemudik menjadi fokus perhatian bagi Pemprov Jateng di masa Lebaran ini.

“Ada sekitar 195 pos kesehatan, baik di jalur pantura, tengah maupun selatan. Jumlah tersebut belum termasuk pos kesehatan yang ada di jalan tol. Kami sudah menerima konfirmasi ada sejumlah pos kesehatan yang akan didirikan di jalur tol mulai Brebes sampai Sragen,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo, Selasa (5/6).

Menurut Yulianto, di dalam pos kesehatan tersebut ada unsur dokter, paramedic, obat-obatan dan ambulan. “Jadi standar pendirian pos kesehatan sudah seperti itu. Tidak ada perbedaan di jalur mudik maupun yang di dalam tol,” tegasnya. Pembedanya hanya dari sisi jumlah petugas kesehatan, menyesuaikan tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas dan sumber daya manusia.

“Jadi nanti ada yang tiga atau dua shift,” sambungnya

Yulianto menambahkan pos kesehatan rencananya mulai didirikan pada H-7 Lebaran. Koordinasi dengan rumah sakit maupun puskesmas sepanjang jalur mudik juga telah dilakukan. Sebanyak 136 rumah sakit dan 154 puskesmas akan operasional selama masa Lebaran.

“Dan untuk kantong darah kami sudah koordinasikan dengan PMI,” imbuh dia.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang juga telah menyiapkan pelayanan kesehatan bagi penumpangnya selama masa angkutan Lebaran 2018. Ada 6 pos kesehatan yang akan didirikan di sepanjang wilayah Daop 4 Semarang.

“6 pos kesehatan itu berada di Stasuin Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Ngrombo dan Cepu,” kata Manajer Humas Daop 4 Semarang Suprapto.

Total ada 54 tenaga kesehatan, yakni 12 dokter dan 42 tenaga paramedis, yang di siapkan. Disiapkan pula 3 unit ambulan yang stand by di Semarang Poncol, Semarang Tawang dan Tegal serta ambulan on call di Pekalongan, Cepu dan Ngrombo. KAI Daop 4 Semarang juga bekerjasama dengan 18 rumah sakit yang tersebar dari Tegal hingga Cepu. (joy/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id