Mudik Nanti Tarif Tol Diskon Hingga 28%

tarif
Gerbang tol Surabaya Mojokerto menjadi salah satu gerbang yang akan diterapkan diskon tarif tol saat mudik lebaran 2018 | Foto : instagram varellhsks (ferdi hsks)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Operator jalan tol sepakat untuk memberikan diskon tarif sebesar 10-28% selama musim mudik Lebaran 2018. Rata-rata waktu pemberian diskon untuk setiap jalan tol mencapai empat hari, yaitu dari 13-14 Juni 2018 dan 18-19 Juni 2018.

Untuk diskon tarif 10% rencananya berlaku atas ruas tol yang dikelola tujuh operator tol. Sementara itu, untuk diskon tarif sebesar 28% hanya diberlakukan untuk Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Diskon 28% diberlakukan pada 8- 23 Juni.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Realisasi diskon jalan tol sebesar 10% akan diumumkan dalam waktu dekat. Waktu realisasi diskon akan ditentukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) masing-masing ruas tol.

Dia mengatakan BUJT PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberi diskon di seluruh ruas jalan tol mulai 12 Juni atau H-2 hingga 17 Juni atau H+3. Adapula BUJT yang memberi diskon jalan tol mulai 9 Juni 2018 atau H-5 idul fitri.

“Saya sudah terima daftar diskonnya, tapi waktu antar BUJT ini beda-beda. Sudah dapat laporannya,” katanya seperti dikutip dari CNN, Kamis (31/5)

Delapan operator yang menerapkan diskon 10% yaitu pertama tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero), yakni Cawang-Tomang-Pluit, Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Semarang-Solo, Solo-Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Medan Kualanamu-Tebing Tinggi.

Kedua, tol yang dikelola PT Hutama Karya (Persero), akses Tol Tanjung Priok, Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai.

Ketiga, tol yang dikelola Waskita Toll Road, Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang. Keempat, tol yang dikelola Nusantara Infrastruktur, Makassar Seksi IV dan Ujung Pandang Tahap I dan II.

Kelima, tol yang dikelola Citra Marga Nusaphala Persada Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga atau Pluit dan Soreang-Pasirkoja. Keenam, tol yang dikelola Jakarta Lingkar Barat I; JORR W1 (Kebon Jeruk- Ulujami).

Ketujuh, tol yang dikelola Margabumi Matraraya, Surabaya-Gresik. Sedangkan kedelapan, tol yang dikelola Astra, Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan dan Jombang-Kertosono.

Direktur Astra Infra Toll Road Sunarto Sastrowiyoto mengatakan diskon tersebut diberikan agar masyarakat tidak melakukan perjalanan dalam satu waktu, atau saat puncak arus mudik atau balik.

“Jadi, diskon ini diberlakukan untuk membuat distribusi lalu lintas jadi lebih baik. Biasanya, saat puncak arus mudik atau balik lalu lintas macet,” katanya.

Sunarto memperkirakan pemberian diskon tarif di ruas tol tersebut akan berdampak pada penurunan jumlah kendaraan.

“Diskon ini murni pelayanan dan mudah-mudahan lalu lintas terdistribusi tidak hanya satu titik saja,”ujaranya.

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, saat ini terdapat 44 BUJT yang mengelola ruas tol sepanjang 1.122,5 kilometer (km) di seluruh Indonesia.

Selain tol operasional, Kementerian PUPR juga berencana mengoperasikan jalan tol fungsional yang dipakai saat masa mudik lebaran.

Terdapat lima jalan tol fungsional yang akan dioperasikan yakni Pemalang-Batang sepanjang 39 km, Batang-Semarang dengan panjang 74 km, Salatiga-Solo dengan panjang 32 km, Sragen-Ngawi dengan panjang 55 km, dan Wilangan-Kertosono dengan panjang 37 km.

Basuki memastikan, kelima ruas jalan tol fungsional ini bersifat gratis. “Semua yang tol fungsional itu tidak akan dikenakan biaya,” pungkas dia.

Data Kementerian Perhubungan sendiri menunjukkan bahwa total mobil pribadi yang akan digunakan sepanjang mudik 2018 tercatat 3,72 juta. Angka ini meningkat 16,69 persen jika dibandingkan tahun lalu sebesar 3,19 juta mobil. (cnn/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*