Press "Enter" to skip to content

Layanan Terminal Baru Bandara A Yani Makin Keren

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah siap melakukan penerbangan perdana pada Rabu (6/6). Hal tersebut tergambar dari simulasi yang digelar PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Minggu (3/6).

Simulasi mencakup seluruh kegiatan pelayanan bandara mulai dari hulu ke hilir. Lebih dari 100 karyawan Angkas Pura I dikerahkan untuk mendukung kegiatan tersebut. Mereka ditugaskan sebagai tim penimbul situasi (bulsit) dengan berperan sebagai penumpang yang hendak bepergian melewati Bandara Ahmad Yani.

Karyawan-karyawan tersebut diluar karyawan yang memang ditugaskan sebagai supporting system kebandaraan. Antara lain petugas parkir, aviation security, customer service, ground handling, duta bandara dan lain-lain. Masing-masing menjalankan tugasnya untuk melayani penumpang mulai dari tollgate masuk bandara sampai gerbang pintu keluar selayaknya bandara yang sudah beroperasi.

Tak hanya itu, personel dari stakeholder terkait juga dilibatkan. Seperti dari Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina maupun dari kepolisian dan TNI. “Kegiatan simulasi dilakukan agar para petugas lebih terbiasa dengan situasi di terminal baru. Sekaligus mencoba semua peralatan serta prosedur sebagaimana ketika bandara sudah beroperasi penuh,” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Indah Preastuty.

Pengamatan JoSS di terminal baru, seluruh kegiatan simulasi berjalan lancar sesuai rencana. Pengumuman dari petugas bandara yang menginformasikan rencana keberangkatan dari sebuah maskapai juga terdengar jelas di ruang tunggu keberangkatan. Bahkan terdengar jelas di kisaran pintu masuk terminal baru.

Petugas keamanan terpantau teliti dan sigap memeriksa barang bawaan penumpang di ruang keberangkatan terminal bandara. Dan petugas maskapai penerbangan di konter check in juga terlihat ramah melayani penumpang yang hendak melakukan reservasi.

Dari sisi tempat, terminal baru terlihat lebih wow. Ruang-ruang pelayanan di masing-masing fungsi kebandaraan lebih besar dan lebih nyaman. Dibanding dengan terminal lama, kondisi dan fasilitas terminal baru jauh lebih baik. Sangat menunjang kenyamanan penumpang di masa peak season yang biasa terjadi di masa Lebaran. (joy)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id