Press "Enter" to skip to content

Jumlah Pemudik di Terminal Giwangan Capai 20.000

Mari berbagi

JoSS, JOJGA – Jumlah Pemudik yang masuk ke Terminal Giwangan Yogyakarta pada Arus Mudik Lebaran 2018 diperkirakan mencapai 20.000 penumpang. Puncaknya diperkirakan terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu (13/6).

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta mengatakan penumpang bus pada masa Angkutan Lebaran 2018 diperkirakan akan kembali mengalami penurunan sekitar empat persen dibanding tahun lalu.

Menurut dia, Kondisi tersebut, lanjut dia, dipengaruhi oleh berbagai hal di antaranya, bus menjadi moda transportasi pilihan terakhir dari pemudik setelah moda transportasi lain seperti pesawat terbang, kereta api dan kendaraan pribadi.

“Puncak arus mudik di Terminal Giwangan diperkirakan terjadi pada H- 2 Lebaran dengan jumlah penumpang mencapai 20.000 orang, sementara itu puncak arus balik dari Terminal Giwangan diperkirakan terjadi pada H+7 dengan sekitar 21.000 penumpang,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, sampai saat ini, belum terlihat peningkatan jumlah penumpang yang datang maupun diberangkatkan dari Terminal Giwangan, namun jumlah penumpang diperkirakan masih lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Bekti menuturkan, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan tahun ini karena libur Lebaran cukup panjang dan tersedianya infrastruktur seperti jalan tol yang sudah bisa dilalui.

Hingga saat ini, Terminal Giwangan Yogyakarta belum menyiapkan bus cadangan namun sudah berkoordinasi dengan Organda apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang

“Tahun lalu, ada 886 bus tambahan yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan. Kemungkinan, tahun ini jumlah bus tambahan yang diberangkatkan juga turun. Kami perkirakan, jumlah bus yang masuk ke terminal turun 0,6 persen,” katanya.

Meskipun demikian, Terminal Giwangan akan menjadi titik penurunan penumpang yang mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan serta sejumlah instansi lain seperti Jasa Raharja


Sementara itu, Bus mudik gratis, lanjut dia diperkirakan tiba di Giwangan pada 10 Juni 2018.    
“Akan ada 50 bus mudik gratis dari Kemenhub dengan 2.025 penumpang dan 27 bus dari Jasa Raharja yang masuk terminal, ditambah lima truk yang membawa sepeda motor pemudik,” katanya. (ant/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id