Press "Enter" to skip to content

Durasi Waktu Debat Pilgub Ditambah

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Debat terbuka Pilgub Jateng 2018 memasuki putaran ketiga atau terakhir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng akan menyiarkan secara langsung agenda tersebut yang digelar di Patra Hotel and Convention, Jalan Sisingamaraja, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah, nanti malam.

“Siaran langsung debat terbuka terakhir ini kami bekerjasama dengan Kompas TV, nanti malam mulai sekitar pukul 19.00 WIB,” tutur Komisioner KPU Jateng, Diana Ariyanti, di Semarang, Kamis (21/6).

Diana menjelaskan di debat terbuka Pilgub Jateng kali ini, pihaknya telah berusaha melakukan perbaikan sejumlah hal mengacu debat pertama dan kedua. Salah satunya adalah dengan menambah durasi waktu menjawab dari masing-masing pasangan calon (paslon) merespon pertanyaan dari panelis.

“Jika di debat pertama dan kedua durasi waktu sekitar satu menit, di debat ketiga nanti kami menambah durasinya satu sampai satu setengah menit di tiap sesinya,” kata dia.

Penambahan durasi menjawab tersebut juga sudah sesuai dengan keinginan dua paslon. Dengan demikian para paslon diharapkan dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan paparan program, visi dan misi secara konkret dan gamblang.

“Karena ini putaran terakhir tentunya kami berharap masyarakat pemilih bisa menangkap apa yang disampaikan paslon. Sehingga masyarakat benar-benar tahu siapa yang akan dipilih,” jelasnya.

Diana menambahkan tema debat adalah Demokrasi, Hukum dan Kawasan. Terbagi menjadi lima sesi acara dengan empat panelis sebagai pihak yang akan menguji pengetahuan atau pemahaman paslon sesuai tema. Sebagai antisipasi jawaban paslon melebar atau keluar dari tema, KPU telah melakukan antisipasi.

“Nanti akan ada tata tertib dalam menjawab dan akan disampaikan moderator atau pembawa acara. Tentunya juga akan diingatkan jika jawaban melebar atau keluar dari tema. Dan akan dibatasi waktu menjawabnya juga,” sambung dia.

Dalam debat nanti malam, KPU Jateng menyediakan 420 tempat duduk. Rincinya, 240 untuk tamu undangan KPU dan 200 orang dari pendukung dua paslon. “Jadi pendukung dari tiap paslon masing-masing 100 orang,” tukas dia. (Joy/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id