Press "Enter" to skip to content

Digitalisasi Rambah Layanan Beras Zakat

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Eka Farm, sebuah perusahaan penyedia pangan organik (terutama beras) membuat terobosan unik untuk mengelola zakat fitrah agar semakin simpel dan berkualitas.

Yakni membuka layanan zakat online dengan beras zakat super jenis organik. “Ada beberapa pilihan produk yang kami siapkan untuk Beras Zakat, yakni jenis Menthik Wangi Susu, Pandan Wangi, Long Grain dan Beras Puasa. Semuanya beras super organik dan rasanya enak,” ujar Hasnil Afrizal Mutaqien, Dirut Eka Farm.

Dia menambahkan beras Menthik Wangi Susu, merupakan beras super paling mahal di pasaran umum karena memang nasinya pulen dan aromanya wangi alami.

Sementara itu beras Pandan Wangi memiliki ciri khas aroma wangi pandan ketika dimasak dan merupakan beras mewah bagi kalangan umum. Selain wangi, beras ini juga pulen dan rasanya enak. Hampir sama dengan Pandan Wangi, Eka farm juga menyiapkan beras Long Grain dan Beras Puasa untuk paket beras zakat.

Perusahaan penyedia pangan organik yang bermarkas di JL. Imogiri Barat, Desa Ngoto, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ini juga telah menyiapkan aneka beras super organik untuk pelayanan zakat on line tersebut dalam kemasan 2,5 kilogram dan 3 kilogram.

Meski beras zakat ini dibanderol dengan harga cukup mahal, ternyata peminat zakat online Eka Farm relative banyak. Bahkan beberapa lembaga resmi pengelola zakat nasional seperti Baznas bermitra dengan Eka Farm.

“Kalau berapa banyak peserta zakat online Eka farm, saya tidak hafal persis. Ada di customer service,” kata Hasnil ketika ditanya berapa banyak peminat zakat online Wka Farm.

Paket beras zakat ini dijual dengan harga paling rendah Rp.60.000 sampai Rp.65.000 per paket 3 kilogram. “Dengan program beras zakat atau zakat online ini karena semata-mata ingin ikut meningkatkan kualitas ibadah, dan kualitas beras zakat di Tanah Air,” katanya.

Karena Eka Farm akan membayarkan zakat yang dipesan oleh warga mulim dimanapun berada kepada badan amil zakat, atau lembaga zakat terpercaya, atau kita kirimkan langsung kepada mustahiq yang dimaui oleh muzzaki.

Maka kemudian pesanan beras zakat secara online ini dibatasi paling lambat H-2 Idul Fitri, agar beras enak ini segera sampai ke tangan pemesannya. “Maka Eka Farm menetapkan jargon pelayanan, yakni Bayar Zakat Fitrah Online dan Fidyah dengan mudah, amanah dan berkah,” papar Hasnil.

Inilah yang kemudian sebutnya sebagai Bayar Zakat Fitrah dengan 4 kelebihan sekaligus. Baik untuk Anda (Muzakki) maupun untuk penerima (Mustahiq). “Yaitu, lebih praktis karena anda tidak perlu repot untuk membawa beras. Cukup bayar ke Eka Farm, kami sampaikan dalam bentu Beras Organik. Lebih berkah, lebih bermanfaat dan mensejahterakan untuk Petani yang menanam Padi Organik maupun Mustahiq, “ ujarnya.

Dia menjelaskan, masyarakat tidak perlu bimbang untuk ikut zakat online. Karena prinsip zakat online sama dengan amil zakat karena unsur yang terpenting dalam zakat adalah: pemberi zakat, harta zakat dan penerima zakat.

Seorang muzakki haruslah orang yang memiliki harta mencapai nishab atau memenuhi kriteria wajib zakat. Sedangkan harta zakat adalah harta yang diperbolehkan sebagai zakat. Sementara penerima zakat haruslah orang yang benar-benar berhak menerima zakat.

Adapun unsur penting lainnya, walau bukan suatu keharusan, dalam penyerahan zakat adalah: pernyataan zakat dan doa penerima zakat. Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, dalam Fiqhuzzakat-nya, berpendapat bahwa seorang pemberi zakat tidak harus menyatakan secara eksplisit kepada mustahik bahwa dana yang ia berikan adalah zakat.

Oleh karena itu, apabila seorang muzakki (pemberi zakat) tanpa menyatakan kepada penerima zakat bahwa uang yang ia serahkan adalah zakat, maka zakatnya tetap sah.

Dengan demikian, seseorang bisa menyerahkan zakatnya secara online kepada lembaga amil zakat. Bersamaan dengan itu, idealnya seseorang yang menyalurkan dana zakat via online ke lembaga amil zakat disertai dengan konfirmasi zakat secara tertulis. Dan konfirmasi tertulis itu merupakan salah satu bentuk pernyataan zakat. (gdo/lna)

2 Komentar

    • JoSS.co.id JoSS.co.id Minggu, 10 Juni 2018

      Siap, matur suwun….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id