Press "Enter" to skip to content

Beras ‘Puasa’ Bikin Kenyang Lebih Lama

Mari berbagi

JoSS, BANTUL – Anda pernah mendengar tentang beras puasa?  Produk ini tiba-tiba menyeruak di pasaran dan tentu membuat banyak orang bertanya-tanya apa itu ‘beras puasa.

Setelah melalui penelusuran yang cukup panjang, akhirnya ketemu juga dari mana asalnya beras puasa, dan siapa orang yang telah sukses menghentakkan produk ini ke pasaran.

Beras puasa adalah beras putih biasa, tetapi karena beras ini diproduksi dari jenis beras khusus yakni beras putih organik yang memiliki indeks glikemik sebesar 54, sehingga memberikan efek kenyang lebih lama serta aman untuk penderita diabetes.

Karena itulah maka beras ini juga cocok dipakai untuk melatih anak kecil yang sedang belajar berpuasa.

Sebagaimana beras organik atau beras non kimia, maka beras puasa ini juga dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding beras biasa. Beras putih dengan kemasan standing pouch bobot 1 kilogram ini dijual dengan harga Rp 27. 000.

Hasil penelusuran Joss.co.id, beras putih organik dengan label ‘Beras Puasa’ ini ternyata diproduksi oleh sebuah perusahaan penyedia bahan pangan organik Eka Farm, yang beralamatkan di Jl. Imogiri Barat, Ngoto, Bantul, Yogyakarta.

“Kalau mau pesan silahkan langsung menghubungi bagian pemasaran atau gudang, atau bisa kok lewat toko online, reseller, atau telpon bagian pemasaran kami, “ kata seorang staf penerima tamu di kantor pusat Eka Fram.

Dari staf Eka Farm, diperoleh keterangan, bahwa perusahaan ini selain memproduksi beras putih organik dengan berbagai merek, ternyata juga memproduksi beras coklat, beras merah, beras hitam, dan beras diet.

Semuanya berasal dari produksi pertanian rakyat di berbagai wilayah di Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dengan konsisten menerapkan pertanian organik. Pertanian tanpa pupuk kimia dan bebas dari obat – obat pabrikan.  “ Sehingga dipastikan bebas arsenik pak,” seloroh Hasnil Arief Mutaqien Dirut Eka Farm, kepada Joss.co.id.

Beras puasa ternyata juga dijual umum sebagaimana produk lain, dan bukan hanya khusus untuk konsumsi bulan Ramadan saja. Karena beras puasa ini juga bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes yang ingin mengkonsumsi nasi karena indeks glikemiknya yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.

Seperti kita tahu, Indeks glikemik (IG) adalah nilai yang menggambarkan laju peningkatan kadar glukosa darah setelah mengonsumsi pangan yang mengandung karbohidrat. Pangan dengan nilai IG yang tinggi akan cepat menaikkan kadar glukosa darah sesaat setelah pangan dikonsumsi.

Pangan dengan IG rendah akan diubah menjadi glukosa secara bertahap sehingga puncak kadar gula darah akan rendah dan fluktuasi peningkatan kadar gula darah cenderung pendek.

Pangan dengan IG rendah sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes mellitus (DM) untuk menstabilkan kadar glukosa darah dan mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah secara signifikan.

“Selain mengendalikan kadar gula darah, pangan dengan IG rendah juga berperan dalam mengendalikan selera makan dan menunda rasa lapar. Hal ini menjadikan pangan dengan IG rendah dianjurkan bagi individu yang menjalani puasa karena akan merasa kenyang lebih lama,” jelas Hasnil Arief Mutaqien.

Dimana beras puasa ini bisa diperoleh, selain di pemasaran Eka Farm?  “Di ekafarm bisa dan di resellernya ekafarm juga ada. Untuk informasi resellernya ekafarm bisa di cek di webnya Eka Farm https://www.ekafarm.com/outlet-kami/, “ katanya. (gdo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id