Press "Enter" to skip to content

Ayo Keliling Malioboro Naik Bus Tingkat Gratis

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali memanjakan para pelancong yang yang hendak menikmati keindahan kota Gudeg ini secara gratis.

Bus pariwisata yang dirancang unik bernama Bus Domapan kembali dioperasikan pada libur Lebaran tahun ini. Pengoperasian moda transportasi unik ini untuk meningkatkan daya tarik wisata di kawasan Malioboro.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Jogja Yunianto Dwi Sutono menjelaskan angkutan wisata ini dioperasionalkan dari Taman Pintar dengan rute mengelilingi kawasan Malioboro.

Dia berharap, wisatawan dapat menikmati kawasan Malioboro dengan suasana berbeda. Selain kawasan Malioboro, wisatawan juga menyaksikan suasana kota di ruas jalan Suryatmajan, Jalan Mataram, Jalan Margo Mulyo, Jalan Senopati hingga kembali ke Taman Pintar.

Pemerintah menyediakan kendaraan berbentuk bus tingkat dengan atap terbuka tersebut secara gratis untuk para wisatawan.

“Kami sudah mulai mengoperasikan Domapan selama dua pekan sejak Sabtu (9-23/6) dari Taman Pintar, mengelilingi kawasan Malioboro,” katanya, baru-baru ini.

Selain bus Domapan, Dispar juga menyiapkan pentas kesenian gamelan di Tugu KB Taman Parkir Abu Bakar Ali pada 17-19 Juni. Lantunan gamelan akan diperdengarkan ke seluruh kawasan Malioboro melalui Radio Widoro. Dispar juga membuka Tourist Information Center di Jalan Malioboro untuk membantu wisatawan yang datang.

Kepala Bidang Taman Pintar Dispar Jogja Afia Rosdiana mengatakan bus hanya akan dioperasionalkan satu kali dalam sehari yaitu setiap pukul 10.00 WIB dari Taman Pintar.

Kebijakan tersebut ditempuh karena pertimbangan kondisi lalu lintas yang cukup padat di rute yang dilalui. “Bus hanya melaju dengan kecepatan rendah sekitar 10 kilometer per jam. Kami sengaja memilih waktu di mana kondisi lalu lintas belum terlalu padat,” katanya.

Sejak dioperasionalkan, minat wisatawan untuk mencoba naik Domapan cukup banyak. Sayangnya, kata Afia bus hanya memiliki kapasitas 25 penumpang.

“Banyak yang tidak bisa naik. Kami sudah memberikan informasi dan wisatawan pun memahami,” katanya.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi berharap keberadaan bus Domapan tersebut dapat menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta apalagi libur Lebaran kali ini lebih lama dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id