Press "Enter" to skip to content

Solo Kota Dengan Pembangunan Terbaik di 2018

Mari berbagi

JoSS, SOLO ‚Äď Kota Solo mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional /Badan Perencana Pembangunan Nasional (PPN Bappenas) sebagai kota dengan pembangunan terbaik Tahun 2018, sementara sebagai juara kedua terbaik diraih oleh Kota Palu dan juara ketiga ditemati Kota Palembang.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, kepada Wakil Walikota Surakarta,  Achmad Purnomo, pada Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Achmad Purnomo, semenjak tahun 2011¬†¬†Kementerian PPN/Bappenas secara rutin memberikan¬†Anugerah Pangripta Nusantara¬†kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik, dan pada tahun 2018 penghargaan tersebut berubah menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah. ‚ÄúKriteria dan indikator penilaian lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah,‚ÄĚ ujarnya.

Soal kriteria dan indikator penilaian yang dipakai, mulai dari pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita, tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penganggur, tingkat kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan indikator ketimpangan rasio gini serta Indeks Ketimpangan Wilayah.

Untuk proses penjuriannya juga dilakukan secara berjenjang, melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan. Obyek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan, serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Penilaian yang dilakukan, kata Wawali Solo, juga mendasarkan pada tersedianya kerangka ekonomi daerah dan kerangka yang dilengkapi dengan proyeksi dan arah kebijakan. Dengan begitu, apa yang dinilai menjadi sangat komprehensif dan bisa mengambarkan secara nyata terhadap yang dilakukan dan hasil yang diperoleh.

Sementara itu penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara untuk kategori kabupaten juara pertama diraih oleh Kabupaten Tegal Jawa Tengah, posisi kedua ditempati oleh Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat, serta juara ketiga diraih oleh Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Penghargaan yang merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu untuk tingkat provinsi, posisi pertama diraih oleh Provinsi Jawa Timur, juara kedua Provinsi Sumatera Selatan dan juara ketiga Provinsi Bali. (*/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id