Raja Yordania Apresiasi Harmoni Antar-Agama RI

yordania
Mari berbagi

JoSS, YORDANIA – Raja Yordania Abdullah II bin Al Hussein mengapresiasi penyelenggaraan Pekan Harmoni Antar-Agama Dunia yang digelar di Jakarta Februari lalu dengan memberikan penghargaan World Interfaith Harmony Week 2018 kepada Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Raja Abdullah di Istana Husseiniyah, Amman, Selasa (24/4).

Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania dan Negara Palestina, Andy Rachmianto, menyatakan bahwa peran Indonesia dalam membina kerukunan umat beragama sudah menjadi sorotan dunia.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas capaian Indonesia. Yordania dan Indonesia dapat menjadi model penerapan prularisme dan toleransi agama bagi banyak negara,” kata Andy, di Amman.

Penghargaan World Interfaith Harmoni Week 2018 yang diserahkan Raja Abdullah II diterima oleh Pdt. Jacklevyn Manuputty yang hadir mewakili Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Prof. Dr. Din Syamsuddin.

Dilaporkan, World Interfaith Harmony Week (WIHW) dibentuk berdasarkan Resolusi Majelis Umum PBB No. A/65/PV.34 untuk menyelenggarakan minggu keselarasan antar agama di seluruh dunia.

Kegiatan ini diusulkan tahun 2010 oleh Raja Abdullah II dan Pangeran Ghazi bin Muhammad dari Yordania. Kegiatan dalam rangka WIHW dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Februari ini  bertujuan mempromosikan kerukunan umat tanpa memandang dasar keimanan masing-masing.

Dalam pelaksanaannya pada 2018 ini, para juri WIHW menerima 88 aplikasi yang terseleksi dari 1.232 kegiatan dan memutuskan tiga pemenang, di antaranya Interfaith Center of Melbourne dari Australia dengan kegiatan berjudul ‘Who and Where Are We in a Changing World?’ sebagai pemenang pertama.

Selanjutnya pemenang kedua dari Indonesia, yakni Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban melalui kegiatan Musyawarah Besar Pemuka Agama untuk Kesatuan Bangsa bertema ‘Rukun dan Bersatu, Kita Satu’. Pemenang ketiga Interfaith Glasglow, Inggris dengan kegiatan Friendship, Dialogue, Cooperation: Exploring Crucial Elements of Interfaith Harmony. (*/kmlu/awo/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*