Press "Enter" to skip to content

BRI Solo Mulai Penukaran Riyal  

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Menghadapi musim haji 2018 BRI Syariah Solo mulai menerima penukaran uang Arab Saudi Riyal (SAR) seiring dengan rencana dilimpahkannya pengelolaan biaya hidup haji dari BRI ke BRI Syariah mulai tahun depan. Pimpinan BRI Syariah Cabang Solo, Halomoan Marpaung, menyatakan hal itu, Sabtu (27/4).

“Penukaran mata uang riyal sudah mulai tetapi saat ini belum memasuki puncaknya,” kata Marpaung. Dia memperkirakan total penukaran uang SAR pada musim haji kali ini lebih besar dibandingkan tahun 2017. Sebagai gambaran, tahun 2017 total penukaran melalui BRI Syariah Solo sekitar 500.000 SAR.

Dituturkan, saat ini pihaknya belum berani menyediakan stok terlalu banyak karena SAR stoknya harus didatangkan dari Jakarta. Kalau stok banyak maka biaya tinggi karena ada premi asuransi yang dikover di situ. Diperkirakan penukaran mata uang SAR akan meningkat menjelang keberangkatan, paling tidak satu bulan sebelum keberangkatan haji.

“Kebanyakan masyarakat inginnya penukaran uang kecil tetapi biayanya kan lebih mahal. Masyarakat maunya kecil dan murah,” ujarnya.

Untuk nilai tukar atau kurs saat ini, nilai tukar SAR terhadap rupiah saat ini masih di bawah Rp4.000 per SAR. Tapi kurs itu sifatnya dinamis dan terus bergerak dinamis, meski biasanya rangenya tidak terlalu besar.

BRI Syariah Solo memiliki posisi penting dalam konteks penukaran uang riyal, karena berdekatan dengan embarkasi haji yang menjadi tempat keberangkatan Jemaah dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jogja dan sebagian Jawa Timur. Apalagi terjadi pengalihan pengelolaan biaya hidup Jemaah haji dari BRI ke BRI Syariah. (ant/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id