27 Warga Korban Longsor Cimanggung Sumedang Belum Ditemukan

Kendaraan berat bekerja di lokasi longsor. Foto: Ist/apakabar.news
Mari berbagi

JoSS, BANDUNG – Jumlah korban yang belum ditemukan dalam bencana longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, bertambah. Data awal tersisa 6 Orang yang dinyatakan hilang, kini bertambah 21 orang yang dilaporkan, sehingga total korban yang belum ditemukan sebanyak 27 orang.

“Saat ini masih dalam pencarian, totalnya 27 Orang, dengan rincian 6 sesuai data awal dan ada penambahan 21 Orang sesuai dengan laporan masyarakat ke posko,” jelas Kepala Kantor Basarnas Bandung Deden Ridwansyah dalam keterangan resminya, Minggu (10/1/2021).

Menurut dia, penambahan jumlah orang hilang berdasarkan info dari incident commander dan puskesmas Sawah Dadap. Namun, data akan terus berubah dan berkembang sesuai dengan laporan yang terjadi di lapangan.

Kepala Basarnas Bandung menghimbau untuk warga yang merasa kehilangan anggota keluarga agar melaporkan ke Posko SAR Gabungan yang berada di SMAN 1 Cimanggung.

Sementara itu, hingga pukul 17.30 WIB total korban yang berhasil dievakuasi berjumlah 13 orang dalam keadaan meninggal dunia. Sebanyak 25 orang selamat. Dari 25 orang itu, 3 dievakuasi tim SAR gabungan dan 21 menyelamatkan diri.

Baca juga: 11 Desa di Purbalingga Dilanda Bencana Longsor dan Tanah Bergerak

Lebih lanjut Deden menjelaskan, hingga Minggu (10/1/2021) Tim SAR gabungan telah melakukan pencarian dengan dibantu alat berat untuk mengangkut material longsor. Selain itu juga Tim SAR Gabungan menggunakan alkon dan alat ekstrikasi untuk lakukan pencarian.

Seperti diketahui, bencana yang menerjang Perum Pondok Daud, Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021), menjadi peringatan bagi pengembang dalam membangun perumahan. Kelaikan lahan, alam, dan lingkungan harus jadi perhatian serius.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau longkasi bencana tanah longsor bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Minggu (10/1/2021).

“Peristiwa longsor yang terjadi dua kali dalam tempo singkat di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, sebagai peringatan atas kelaikan lahan untuk dijadikan pemukiman,” kata Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*