Press "Enter" to skip to content

Trans Nusa Tunda Pembukaan Rute Jakarta- Cilacap-Semarang

Mari berbagi

JoSS, CILACAP – Maskapai penerbangan Trans Nusa menunda rencana pembukaan rute Jakarta -Cilacap-Semarang hingga 11 Juni mendatang menyusul adanya inspeksi teknis terkait pemeliharaan pesawat.

Sebelumnya diberitakan JoSS, Trans Nusa akan melayani penerbangan perdana untuk rute baru yakni penerbangan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Tunggul Wulung Cilacap dan Bandara Ahmad Yani Semarang PP pada tanggal 9 Juni 2018, namun rencana tersebut ditunda hingga tanggal 11 Juni.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah, Denny Ariyanto mengatakan penundaan tersebut dilakukan atas permintaan dari Kementerian Perhubungan terkait adanya inspeksi teknis atau pemeliharaan pesawat.

Menurut dia, inspeksi tersebut wajar dilakukan demi keamanan dan kenyamanan penumpang dalam perjalanan menggunakan jasa pesawat terbang, apalagi menjelang arus mudik Lebaran 2018.

“Dari kementerian minta untuk dicek semua, pengecekan pesawat. Kalau untuk angkutan darat biasa dikenal dengan ram check,” katanya.

Sementara itu, terkait pembatalan tiket yang sudah dipesan untuk tanggal 9 Juni 2018 pada rute tersebut, dia mengaku belum menerima informasi lebih lanjut. Namun berdasarkan pengalaman, kata dia, ada dua hal yang kemungkinan dilakukan, yakni biaya tiket dikembalikan atau jadwal keberangkatannya diubah.

Sebelumnya, Denny mengatakan maskapai Trans Nusa akan membuka rute penerbangan Jakarta -Cilacap-Semarang PP menggunakan pesawat ATR 72-600 yang berkapasitas 50 penumpang mulai 9 Juni 2018.

Layanan penerbangan tersebut untuk sementara hanya tiga kali dalam seminggu, yakni pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin dengan waktu tempuh 55 menit.

Denny berharap kehadiran Trans Nusa mampu meramaikan lalu-lintas penerbangan domestik di Bandara Tunggul Wulung, apalagi menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2018 keberadaan tambahan moda transportasi udara ini sangat dibutuhkan.

Kehadiran Trans Nusa ini tentunya semakin melengkapi kebutuhan angkutan udara di Bandara Tunggul Wulung Cilacap.

Rencananya pesawat Trans Nusa yang berangkat dari Halim Perdanakusuma pada pukul 07.00 WIB dengan status sebagai carter flight [pesawat carter] seperti halnya Susi Air, tiba di Cilacap pada pukul 07.40 WIB dan setelah ground time selama 25-35 menit, pesawat tersebut akan melayani penerbangan komersial menuju Bandara Ahmad Yani, Semarang.

Setelah ground time selama 25-35 menit di Semarang, pesawat Trans Nusa terbang ke Cilacap untuk melayani penerbangan komersial sebelum kembali ke Jakarta sebagai pesawat carter,” jelasnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id