Tips Menyimpan Bahan Makanan Selama Pembatasan Jarak Sosial

Ilustrasi | Foto: okezone.com/shutterstock
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Jumlah korban positif corona di Indonesia terus meningkat. Tercatat pada Senin (13/4) bertambah 316 kasus, sehingga total yang positif mencapai 4.557 orang. Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah.

Nah bagi ibu rumah tangga, kondisi ini juga berdampak pada kebutuhan pokok dan bahan makanan yang harus tetap disediakan dalam kurun waktu beberapa hari, guna meminimalkan bepergian ke luar rumah.

Bukan menimbun, tetapi menyediakan secukupnya bahan makanan yng dibutuhkan untuk waktu tertentu. Namun, apa saja kebutuhan yang diperlukan selama masa social distancing atau pembatasan jarak sosial ini, berikut tipsnya.

1. Bahan makanan

Salah satu cara selama masa social distancing ialah menyimpan bahan makanan yang cukup. Bahan-bahan makanan itu meliputi, sembako, Ikan, dan daging. Anda bisa membeli bahan makanan, seperti beras, telur, minyak goreng, dan mie instan.

2. Sayur

Untuk mendapatkan nutrisi dan serat, Anda bisa membeli sayuran yang cukup, seperti bayam, sawi, brokoli, dan kangkung.

Baca juga: Tips Menyimpan Daging Agar Kualitas Tetap Terjaga

3. Buah dan susu

Selain kedua jenis kebutuhan di atas, agar lebih produktif kamu bisa membeli buah. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda, seperti buah alpukat, naga, melon, sampai kiwi. Selain kaya nutrisi, mengonsumsi buah bisa membuat daya tahan tubuh kamu meningkat.

Adapun teknik menyimpan dalam kulkas untuk menjaga kualitas makanan agar tahan lama di kulkas, untuk bahan makanan, seperti daging, ikan atau unggas, tutup rapat kemasannya ketika dibeli.

Namun, sebaiknya Anda membungkus ulang daging dengan plastik bungkus PP (Polypropylene) untuk mencegah makanan terkena bakteri berbahaya.

Untuk buah dan sayur, saat pisahkan keduanya dengan jenisnya masing-masing, ingat jangan dicampur agar tidak cepat busuk. Simpan buah dan sayur yang cepat mengering dalam wadah plastik berlubang.

Agar tidak cepat busuk, jangan mencuci sayuran sebelum disimpan dalam kulkas. Pasalnya, air yang tersisa bisa menempel dan mengakibatkan sayuran rusak dan cepat busuk. Untuk cabe, Anda bisa menambahkan tisu pada alas wadah terlebih dahulu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*